Craft, Kuliner, dan Fesyen Jadi Andalan Subsektor Ekraf Kota Bandung

- Jumat, 22 Juli 2022 | 13:43 WIB
Craft, Kuliner, dan Fesyen Jadi Andalan Subsektor Ekraf Kota Bandung. (Dok: Diskominfo Kota Bandung)
Craft, Kuliner, dan Fesyen Jadi Andalan Subsektor Ekraf Kota Bandung. (Dok: Diskominfo Kota Bandung)

KETIKNEWS.ID,-- Tiga sub-sektor ekonomi kreatif jadi andalan Kota Bandung dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Ketiganya antara lain: craft (kriya), kuliner, dan fesyen.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disbudpar Kota Bandung, Sri Susiagawati. Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh demografi Kota Bandung yang dihuni 68 persen masyarakat usia di bawah 40.

Tak hanya itu, faktor sejarah sebagai kota kreatif juga berandil besar. Sehingga banyak produk kriya, kuliner, dan fesyen dari Kota Bandung.

Baca Juga: Daftar Tim 8 Besar Nusantara Open 2022: Piala Prabowo Subianto

“Ketiga subsektor ini berkontribusi besar terhadap PAD Kota Bandung,” kata Wati dalam siniar Ngariung dengan tema Bandung Beraksi (Bincang Akselerasi Ekonomi) yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Humas Kota Bandung dengan Bagian Perekonomian SETDA Kota Bandung, Kamis 21 Juli 2022.

Berkaca pada data tersebut, Disbudpar Kota Bandung telah mengeluarkan Surat Edaran yang menunjang publikasi tiga jagoan subsektor ekonomi kreatif di Kota Bandung tersebut.

Selain ketiga sub-sektor jagoan tadi, Wati juga menyebut musik dan film sebagai sub-sektor penyangga.

Baca Juga: Nusantara Open 2022: PSIS Semarang Lolos ke Delapan Besar Sebagai Juara Grup A

“Ada surat edaran dari Disbudpar yang isinya bahwa di ruang-ruang umum seperti hotel dan resto, harus ada juga pojok craft, lukisan Kota Bandung, makanan tradisional, musik tradisional,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Humas Kota Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pejabat vs Legenda Bulu Tangkis di Porseni NU

Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:50 WIB
X