• Rabu, 5 Oktober 2022

BNN Anggap Napi yang Tinggal di Balik Jeruji Besi Masih bisa Kendalikan Transaksi Narkoba

- Rabu, 27 Juli 2022 | 13:46 WIB
Ilustrasi narapidana yang tetap bisa melakukan  transaksi narkoba meski tinggal di rumah tahanan (Pixabay / lechenie-narkomanii)
Ilustrasi narapidana yang tetap bisa melakukan transaksi narkoba meski tinggal di rumah tahanan (Pixabay / lechenie-narkomanii)

KETIKNEWS.ID,-- Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan jika para tahanan dan warga binaan yang tinggal di balik rumah tahanan (rutan) masih bisa mengendalikan jaringannya untuk melakukan transaksi narkoba diluar rutan.

Hal itu disampaikan Deputi Pemberantasan BNN Irjen Kenedy di Jakarta, Rabu (27/7/2022). Kenedy menjelaskan transaksi yang dilakukan pengedar maupun pemakai narkoba masih bisa dilakukan dari dalam rutan.

"Mereka yang ada di dalam lapas masih mengendalikan. Ini kami juga sudah koordinasi, bekerja sama dengan Kemenkumham untuk mengeliminasi para pengendali (narkoba) yang ada di lapas ini," kata Kenedy.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Sambut Kedatangan Jokowi di Tokyo

Meski begitu, Kenedy tidak bisa merinci bagaimana para narapidana itu bisa mengendalikan bisnis narkobanya dari dalam rutan atau lapas.

Kenedy juga menganggap para pengedar atau pengguna memiliki jaringan bahkan ada yang dari luar negeri untuk membantu mereka tetap bertransaksi.

Oleh karena itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham untuk menyisir narapidana dan warga binaan yang masih memiliki komunikasi dengan jaringan narkoba.

BNN sudah memetakan sejumlah yang menjadi pemasok barang haram terutama jenis sabu dan ganja, antara lain Aceh, Riau dan Sumatra Utara.

Baca Juga: Jelang Penerapan 'Kawasan Emisi Bersih', Pemerintah Hadirkan Layanan Uji Emisi Gratis di Balkot

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X