• Minggu, 14 Agustus 2022

China Tidak Akan Duduk Diam Jika AS Kunjungi Taiwan

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 14:14 WIB
Ketua DPR Amerika Serika (AS) Nancy Pelosi (Instagram / @speakerpelosi)
Ketua DPR Amerika Serika (AS) Nancy Pelosi (Instagram / @speakerpelosi)

KETIKNEWS.ID,-- Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun menyebut, kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan akan merusak hubungan China dan AS.

Pelosi dijadwalkan mengunjungi Taiwan pada Selasa (2/8/2022), ketika AS mengatakan tidak akan terintimidasi oleh peringatan China. Sebelumnya, China mengatakan tidak akan ‘duduk diam’ jika Pelosi melakukan perjalanan ke Taiwan.

"Kunjungan seperti itu tampaknya sangat berbahaya, sangat provokatif," tutur Zhang dalam konferensi pers dimulainya kepresidenan China di Dewan Keamanan PBB pada Agustus 2022, dilansir dari Antara.

Baca Juga: Kominfo Buka Tender Bid Data Naional Senilai Rp61,3 Miliar

Kunjungan Pelosi tersebut, kata dia, tidak boleh dibandingkan dengan kunjungan terakhir kali seorang ketua DPR AS ke pulau yang diklaim oleh Beijing itu pada 1997.

"Kesalahan awal tidak membuat kesalahan berikutnya menjadi sah. Selanjutnya situasi di Taiwan juga berubah dengan dukungan dari beberapa kekuatan eksternal. Kecenderungan Taiwan menuju kemerdekaan semakin berkembang. Jika kami tidak mengambil tindakan yang tepat dan tegas untuk menghentikannya ... situasinya bahkan mungkin di luar kendali," ujar Zhang.

Ia mendesak Washington untuk menghormati komitmennya terhadap prinsip satu-China, yang ditegaskan kembali oleh Presiden AS Joe Biden selama pembicaraan via telepon dengan Xi Jinping pekan lalu.

AS mengikuti "kebijakan satu-China" yang mengakui Beijing, bukan Taipei, secara diplomatis. Namun, pemerintah AS diwajibkan oleh undang-undangnya untuk menyediakan sarana bagi Taiwan yang diperintah secara demokratis untuk mempertahankan diri.

Baca Juga: Selain Mencegah Postpartum Depression, Ini Sederet Manfaat Menyusui Anak bagi Busui

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB Kunjungi Korsel Bahas Denuklirisasi Korut

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Zelensky akan Ikut KTT G20 di Bali jika Putin Hadir

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:43 WIB

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB
X