• Senin, 8 Agustus 2022

21 Jet China Terobos Wilayah Taiwan Setelah Ketua DPR AS Tiba

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:20 WIB
Ilustrasi 21 pesawat militer China yang terobos wilayah Taiwan. (Twitter / @nexta_tv)
Ilustrasi 21 pesawat militer China yang terobos wilayah Taiwan. (Twitter / @nexta_tv)

KETIKNEWS.ID,-- China diketahui kerahkan 21 jet militer untuk menerobos Zona Identifiasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan bersamaan dengan hari tibanya Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy Pelosi, tiba di kawasan tersebut.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan bahwa 21 armada itu terdiri dari 10 jet tempur Shenyang J-16, delapan jet Shenyang J-11, satu pesawat KJ-500, satu pesawat tempur elektronik Shaanxi Y-9, dan satu pesawat intelijen elektronik Shaanxi Y-8.

Taiwan langsung mengeluarkan peringatan radio, sembari mengerahkan pesawat dan sistem pertahanan rudal untuk melacak jet-jet China tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa Termuda UGM Berusia 15 Tahun, Raja Muhammad Hayuri Islam

Kemhan Taiwan menegaskan bahwa ADIZ memang zona di luar wilayah resmi satu negara. Namun, zona itu ditetapkan sebagai wilayah di mana pengendali lalu lintas udara menanyakan kepada kru pesawat yang melintas untuk melaporkan identitas.

Taiwan News melaporkan bahwa sepanjang bulan ini, China sudah mengerahkan 25 pesawat militer ADIZ Taiwan, termasuk 22 jet tempur dan tiga pesawat pemantau.

Penerobosan terbaru ini terjadi di hari Pelosi tiba. Ketua DPR AS itu mendarat di Bandara Taipei Songshan pukul 22.44 waktu setempat. Hanya berselang beberapa menit, tepatnya pukul 22.59, tentara China mengumumkan bahwa mereka akan menggelar latihan militer di enam area di sekitar Taiwan pada 4-7 Agustus.

Baca Juga: Tiga Siswa Indonesia Raih 3 Medali International Economics Olympiad 2022

China memang sudah berulang kali memperingatkan AS bahwa mereka bakal mengambil langkah tegas jika Pelosi benar-benar menginjakkan kakinya di Taiwan. Selama ini, China menganggap Taiwan sebagai bagian dari negaranya yang belakangan membangkan dan terus menyerukan kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Taiwan News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB Puji Mesir Redakan Konflik Israel dan Gaza

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:39 WIB

Korsel Ciptakan Tato Pemantau Kesehatan

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:23 WIB
X