• Rabu, 10 Agustus 2022

Ukraina Kembali Bisa Impor Biji-bijian setelah Berhasil Rebut Pulau Ular

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi Ukraina bisa Impor Biji-bijian lagi (Unsplash / engin akyurt)
Ilustrasi Ukraina bisa Impor Biji-bijian lagi (Unsplash / engin akyurt)

KETIKNEWS.ID,-- Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin menyambut baik kembalinya impor biji-bijian Ukraina oleh Indonesia melalui Pelabuhan Odessa setelah berbulan-bulan dihambat aksi militer Rusia.

“Saya sangat gembira dengan keberhasilan pengiriman 50.000 ton pipil jagung Ukraina melalui Pelabuhan Odessa. Ini adalah wujud kemenangan bangsa Ukraina mengusir penjajah Rusia yang telah berbulan melakukan blokade laut,” ujar Vasyl Hamianin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Blokade laut Rusia, lanjutnya, berakhir berkat keberhasilan pasukan Ukraina merebut Pulau Zmiiniy (Pulau Ular) di Laut Hitam dekat kota pelabuhan Odesa pada 30 Juni 2022. Meski demikian, Rusia masih berupaya melakukan serangan terhadap wilayah Odessa.

Baca Juga: Proyek Film Terbaru 'Gyeongseong Creature', Han So Hee Alami Cedera di Wajah Saat Proses Syuting

“Bohong jika Rusia menyerahkan Odessa sebagai niat baik. Pada 24 Juli mereka masih menyerang wilayah Odessa sehari setelah kesepakatan Rusia-Ukraina untuk membuka keran ekspor gandum dari pelabuhan itu ditandatangani,” tuturnya.

Menurut Vasyl Hamianin bangsa Ukraina mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah datang secara langsung ke Ukraina dan Rusia untuk menawarkan solusi untuk mengatasi ancaman krisis pangan global yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Presiden Jokowi pada kunjungan awal Juli membawa proposal koridor pangan, skema yang sebelumnya pernah disampaikan beberapa negara.

Baca Juga: Karena Cuaca Ekstrem, Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

“Kami berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kehadirannya yang membuat penjajah Rusia mendapatkan tekanan internasional lebih besar sehingga blokade perdagangan segera berakhir,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB Puji Mesir Redakan Konflik Israel dan Gaza

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:39 WIB

Korsel Ciptakan Tato Pemantau Kesehatan

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:23 WIB
X