• Jumat, 19 Agustus 2022

Latihan Gabungan Militer Super Garuda Shield 2022 Resmi Dibuka

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:16 WIB
Jenderal Andika Perkasa bersama Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat, Jenderal Charles Flynn menbuka Latgabma Super Garuda Shield 2022 yang dilaksanakan di Puslapur Kodiklat Kabupaten OKU Timur. (Humas Sumsel)
Jenderal Andika Perkasa bersama Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat, Jenderal Charles Flynn menbuka Latgabma Super Garuda Shield 2022 yang dilaksanakan di Puslapur Kodiklat Kabupaten OKU Timur. (Humas Sumsel)

KETIKNEWS.ID,-- Super Garuda Shield 2022 yang merupakan latihan militer gabungan tahunan yang menjadi tonggak kemitraan militer antara Amerika Serikat dan Indonesia, secara resmi dibuka pada Rabu (3/8).

Di bawah naungan bendera 14 negara, latihan tahunan Garuda Shield ke-16 ini menampilkan kemitraan multilateral dan interoperabilitas bersama, kata Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Latihan Super Garuda Shield tahun ini, yang merupakan pengembangan dari latihan bilateral antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army), adalah salah satu latihan multinasional gabungan terbesar di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi di Kawasan Alun-Alun, Kota Bandung Akan Tingkatkan Usaha UMKM

Super Garuda Shield 2022 yang kuat dan beragam menampilkan beberapa aktivitas perdana, seperti penerjunan udara trilateral yang melibatkan Amerika Serikat, Indonesia, dan Jepang.

"Ketika kita bersama seperti ini, kita menjadi lebih kuat," kata Komandan Jenderal Angkatan Darat AS untuk Pasifik Jenderal Charles Flynn, seperti dikutip dari keterangan Kedubes AS.

Menurut Flynn, kegiatan perencanaan, operasi, pertukaran, dan aktivitas latihan multinasional itu dapat meningkatkan kemampuan pertahanan militer negara-negara peserta dan bekerja sama untuk menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Bersama sebagai sebuah kekuatan multinasional, Garuda Shield merupakan perwujudan sangat penting kerja sama, interoperabilitas, dan persatuan kita sebagai kelompok negara yang ingin menciptakan wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta menjaga tatanan berdasarkan aturan," ujarnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gunung Bagi Pemula di Jawa Tengah untuk Upacara 17 Agustus 2022

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB
X