• Minggu, 14 Agustus 2022

Kematian Pemimpin Al Qaeda oleh AS akan Diselidiki Taliban

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:30 WIB
Pasukan Taliban (Instagram /@afganistan_tahlilan_live_update)
Pasukan Taliban (Instagram /@afganistan_tahlilan_live_update)

KETIKNEWS.ID,-- Taliban mengatakan sedang menyelidiki klaim Amerika Serikat (AS) bahwa pemimpin Al Qaida Ayman al-Zawahiri telah tewas dalam serangan drone AS di Kabul, kata pejabat Taliban pada Kamis, mengindikasikan bahwa pimpinan kelompok itu tidak mengetahui keberadaan Zawahiri di kota itu.

Sebelumnya, beberapa pejabat AS mengatakan bahwa AS telah membunuh Zawahiri dengan rudal yang ditembakkan dari sebuah drone saat Zawahiri berdiri di atas balkon di rumah persembunyiannya di Kabul pada Minggu.

Pembunuhan itu menjadi pukulan terbesar bagi kelompok militan tersebut sejak Osama bin Laden ditembak mati lebih dari satu dekade lalu.

"Pemerintah dan kepemimpinan (Taliban) tidak mengetahui apa yang diklaim, atau jejak apa pun di sana," kata Suhail Shaheen, perwakilan Taliban yang ditunjuk untuk PBB dan berbasis di Doha, kepada wartawan dalam sebuah pesan.

Baca Juga: Keren! Program Buruan Sae Jadi Sorotan Mata Internasional

"Saat ini penyelidikan sedang berlangsung untuk mengetahui kebenaran klaim tersebut," katanya, seraya menambahkan bahwa hasil penyelidikan akan dipublikasikan.

Para pemimpin Taliban masih bungkam tentang serangan drone pada Minggu dan belum mengonfirmasi keberadaan atau kematian Zawahiri di Kabul.

Para pemimpin tertinggi Taliban telah mengadakan diskusi panjang tentang bagaimana merespons serangan drone AS, kata tiga sumber dalam kelompok itu.

Cara Taliban bereaksi terhadap kasus tersebut dapat memiliki dampak signifikan di saat kelompok tersebut berusaha memperoleh legitimasi internasional dan akses untuk mendapatkan dana miliaran dolar yang dibekukan setelah kelompok itu menggulingkan pemerintahan yang didukung AS satu tahun lalu.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB Kunjungi Korsel Bahas Denuklirisasi Korut

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Zelensky akan Ikut KTT G20 di Bali jika Putin Hadir

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:43 WIB

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB
X