• Kamis, 29 September 2022

AS Hingga Jepang Kecam Latihan Militer China di Taiwan, Bagaimana dengan Indonesia?

- Senin, 8 Agustus 2022 | 14:19 WIB
Ilustrasi Latihan militer China di wilayah Taiwan (Unsplash / Ian Yates)
Ilustrasi Latihan militer China di wilayah Taiwan (Unsplash / Ian Yates)

KETIKNEWS.ID,-- China yang menggelar latihan militer mulai Kamis (4/8) hingga Minggu (7/8) di enam titik di Selat Taiwan bak mengepung Taiwan.

Pada hari pertama latihan, China menembak sebanyak 11 rudal Dongfeng ke arah perairan Taiwan. Berikutnya pada hari kedua latihan yakni pada Jumat, sebanyak 13 kapal perang China dan 68 jet tempur melintasi garis Selat Taiwan.

Latihan militer itu muncul sebagai tanggapan usai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mengunjungi Taiwan pada Selasa (2/8) lalu.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan MPL ID S10

Saat Pelosi tiba, China mengirim 21 jet tempur ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. Kini, konflik antara China dengan Taiwan dan AS semakin meruncing.

Menanggapi latihan militer besar itu, Amerika Serikat hingga Jepang mengutuk China. Mereka juga meminta agar Beijing menghentikan latihan militer yang bisa memicu eskalasi konflik dan mengganggu stabilitas kawasan. Lalu bagaimana posisi Indonesia?

Pengamat hubungan internasional yang fokus di kajian geopolitik kawasan Indo-pasifik dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), Waffa Kharisma, menilai Indonesia harus punya posisi untuk merespons China.

"Apakah menurut Indonesia berlebihan atau tidak, dan juga kedatangan AS ke Taiwan apakah menurut Indonesia beralasan atau sah, atau mengkhawatirkan," ujar Waffa.

Baca Juga: Pemerintah Taiwan Mengaku Terus Dapat Ancaman China Setelah Kunjungan Pelosi

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X