• Sabtu, 1 Oktober 2022

Berawal dari TikTok, Vishing jadi Skema Penipuan

- Senin, 8 Agustus 2022 | 17:37 WIB
Ilustrasi Penipuan menggunakan skema vishing (Pixabay / RusVPN)
Ilustrasi Penipuan menggunakan skema vishing (Pixabay / RusVPN)

KETIKNEWS.ID,-- Belakangan ini, ada tren yang marak di TikTok di mana seseorang menelepon teman mereka menggunakan suara mesin penjawab otomatis atau robot penerjemah dan mengatakan bahwa sejumlah dana akan ditarik dari rekening yang bersangkutan.

Pakar Kaspesky mengingatkan tren tersebut mirip dengan skema penipuan vishing atau voice phishing.

"Saya sering menemukan video di TikTok tentang blogger yang mengerjai orang lain dengan menelepon dan memberitahu bahwa rekening mereka akan didebet ribuan dolar. Korban percaya dan menjadi panik karenanya," kata Pakar Keamanan di Kaspersky, Roman Dedenok, melansir Antara.

Baca Juga: Jelang Peluncuran Single BLACKPINK 'Pink Venom', YG Entertainment Rilis Pernyataan Resmi

Ketika orang dihadapkan dengan penipuan telepon, mereka rata-rata dipengaruhi oleh banyak kondisi dalam satu waktu. Panggilan telepon seperti itu akan membuat kaget.

Mereka tidak dapat menilai dengan jelas siapa yang ada di ujung panggilan, apakah itu seorang penipu, penjahat, atau pekerja asli di bank.

Vishing merupakan taktik penipuan dengan cara meyakinkan seseorang untuk menelepon penipu dan membagikan informasi pribadi seperti data bank.

Seperti skema phishing lainnya, tipuan ini dimulai dari masuknya email dari toko online atau sistem pembayaran. Email tersebut berisi surat palsu mengenai permintaan penarikan uang dalam jumlah besar dari rekening yang bersangkutan. Penipu kemudian meminta korban segera menelepon Customer Support yang tertera di email.

Baca Juga: Pemerintah Konfirmasi Korea Utara Hancurkan Aset Korea Selatan di Resor Geumgangsan

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X