• Kamis, 29 September 2022

Banjir Bandang Terjang Korsel Sebabkan 7 Orang Tewas dan Kerusakan Fasilitas Umum

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:46 WIB
Korsel dilanda hujan deras yang akibatkan banjir bandang. (Twitter / @renesmee_701)
Korsel dilanda hujan deras yang akibatkan banjir bandang. (Twitter / @renesmee_701)

KETIKNEWS.ID,-- Banjir bandang di Seoul dan daerah sekitarnya sebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang. Rinciannya, lima orang tewas dan empat lainnya hilang di Seoul. Sedangkan dua orang tewas dan dua lainnya hilang di Provinsi Gyeonggi.

Dilansir dari Yonhap, banjir bandang karena curah hujan terberat dalam 80 tahun terakhir itu juga sebabkan rumah, kendaraan, gedung, hingga stasiun kereta bawah tanah tenggelam.

Kota pelabuhan barat Incheon dan Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi Seoul diguyur hujan lebat lebih dari 100 milimeter (mm) per jam pada Senin (8/8/2022) malam. Bahkan, curah hujan di distrik Dongjak Seoul melebihi 141,5 mm per jam pada satu titik. Ini merupakan curah hujan tertinggi per jam sejak 1942.

Baca Juga: Akibat di Terjang Badai Pasir, Bandara Madinah Tahan Pemulangan Haji Asal Indonesia

Hujan sebabkan 9 orang mengalami luka-luka di Provinsi Gyeonggi. Lalu, 163 orang dari 107 rumah tangga di daerah ibu kota kehilangan tempat tinggal. Mereka terpaksa berlindung di sekolah dan fasilitas umum lainnya.

Di distrik Gwanak Seoul, tiga orang dua berusia 46 tahun dan satu anak berusia 13 tahun melaporkan bahwa mereka terjebak di lantai semi-basement sebuah bangunan pada pukul 21:07. Senin (8/8/2022). Namun, mereka akhirnya meninggal dunia.

Di Dongjak, seorang pegawai kantor bangsal berusia 60-an meninggal karena apa yang diyakini sebagai kejutan listrik pada pukul 18:50. selama pekerjaan pembersihan setelah pohon pinggir jalan tumbang karena hujan.

Satu orang lagi tewas pada pukul 17.40. di sebuah rumah terendam di distrik itu.

Baca Juga: Rangka Peringati HUT Republik Indonesia dan HJKB, Pemerintah akan Hadrikan Kegiatan 'Great Bandung'

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Yonhap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X