• Kamis, 29 September 2022

Banjir Bandang Korsel Terjadi Akibat Air Bendungan Korut

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:53 WIB
Banjir bandang yang terjadi di Seoul, Korea Selatan dianggap berasal dari air bendungan di Korea Utara (Twitter / @jeonbam_jk)
Banjir bandang yang terjadi di Seoul, Korea Selatan dianggap berasal dari air bendungan di Korea Utara (Twitter / @jeonbam_jk)

KETIKNEWS.ID,-- Korea Utara (Korut) tampaknya melepaskan air dari sebuah bendungan di dekat perbatasan tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Korea Selatan (Korsel).

“Saat hujan turun dengan deras di Korea Utara, Korea Utara berulang kali membuka dan menutup pintu air Bendungan Hwanggang. Sepertinya (Utara) sedang menyesuaikan ketinggian air Bendungan Hwanggang berdasarkan situasi curah hujan,” ujar pejabat kementerian unifikasi, dilansir dari Yonhap.

Korut yang basah kuyup tertimpa hujan lebat, tanpa pemberitahuan sebelumnya melepaskan air bendungan. Padahal, di bawah perjanjian antar-Korea yang ditandatangani pada Oktober 2009, Korut seharusnya memberi tahu Korsel sebelumnya tentang rencananya untuk melepaskan air bendungan.

Baca Juga: Jalani Syuting Video Musik, NCT 127 Dikabarkan Comeback pada September 2022

Kementerian Unifikasi pernah membuat permintaan publik ke Korut untuk memberi tahu Korsel terlebih dahulu jika melepaskan air bendungan pada Selasa (28/6/2022). Sebab, pelepasan air bendungan dapat menimbulkan kerusakan di Korsel.

Permintaan tersebut, bagaimanapun, tidak dijawab, dengan Korut tampaknya melepaskan air dari Bendungan Hwanggang pada akhir Juni di tengah hujan lebat pada saat itu.

Hingga saat ini, kemungkinan pelepasan air yang menyebabkan kerusakan di Korsel tetap rendah, tetapi situasinya dipantau secara ketat karena hujan lebat diperkirakan akan terjadi pada Senin (8/8/2022) dan Selasa (9/8/2022) di Korut.

Baca Juga: Peringati Hari Kemerdekaan, WNI di Sri Lanka Adakan Perlombaan

Biasanya diperlukan waktu empat hingga lima jam untuk air yang dilepaskan dari bendungan yang terletak di bagian atas Sungai Imjin untuk mencapai Bendungan Gunnam di kota perbatasan Yeoncheon di selatan, 62 kilometer di utara Seoul.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Yonhap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X