• Kamis, 29 September 2022

Inilah Alasan Kenapa Harus Taat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 03:43 WIB
Ilustrasi membayar pajak kendaraan bermotor (Pixabay / mohamed_hassan)
Ilustrasi membayar pajak kendaraan bermotor (Pixabay / mohamed_hassan)

KETIKNEWS.ID,-- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi menjelaskan manfaat pembayaran pajak kendaraan bermotor sesuai Pasal 74 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, Firman menyampaikan sejumlah manfaat apabila masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor seusai peraturan tersebut, di antaranya masyarakat dapat menikmati fasilitas jalan, sekolah hingga rumah sakit yang bagus.

"Untuk pajak, bayangkan jika kita semua masyarakat mendukung, patuh, kita bisa meningkatkan fasilitas dan hasil pembangunan itu sendiri, rumah sakit bagus, jalan bagus, sekolah bagus dengan adanya subsidi daerah," ujar Firman.

Baca Juga: Korlantas Polri Ajukan Biaya Balik Nama Kendaraan Digratiskan

Menurut Firman, dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor juga untuk sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), dana itu sebagai wujud perhatian pemerintah apabila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Meskipun demikian, Firman ingin pengendara selamat dalam berkendaraan, terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Apabila kendaraan tidak bayar pajak, maka pengendara yang mengalami kecelakaan tidak dapat dana untuk penyembuhan yang diberikan oleh pihak Jasa Raharja.

Baca Juga: Tidak Perlu Antre lagi, Urus SIM Sekarang bisa Secara Online dengan Unduh Aplikasi Digital Korlantas Polri

"Jasa Raharja bisa langsung berikan santunan rumah sakit, di Medan fasilitas bagus dengan pajak kendaraan yang dihasilkan tinggi, itu lah salah satu bentuk pengembalian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang wajib bayar pajak," katanya menegaskan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Proses Perkara Ferdy Sambo CS

Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB
X