• Kamis, 29 September 2022

Korut Cabut Aturan Ketat Penanganan Covid Setelah Kim Jong Un Deklarasikan Menang

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:40 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menyampaikan kemenangan negaranya dalam perang melawan Covid-19. (Instagram / @kimjongunofficial)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menyampaikan kemenangan negaranya dalam perang melawan Covid-19. (Instagram / @kimjongunofficial)

KETIKNEWS.ID,-- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendeklarasikan kemenangan negaranya dalam pertempuran melawan COVID-19, kata kantor berita negara Korut, KCNA,

Sejalan dengan itu, seperti yang dilaporkan KCNA, Kim Jong Un memerintahkan aturan-aturan ketat menyangkut penanganan COVID, yang diberlakukan pada Mei, dicabut.

Sambil mencabut aturan ketat anti COVID, Kim mengatakan Korut harus "meningkatkan upaya menghadang pandemi sampai krisis kesehatan global berakhir", kata KCNA.

Baca Juga: Korea Utara Klaim 0 Kasus Demam yang Diduga COVID-19, Disebut Memasuki Fase Stabil

Beberapa analis mengatakan pernyataan kemenangan itu bisa menjadi awal untuk memulihkan perdagangan, yang sebelumnya terhalang karena penutupan perbatasan saat penguncian wilayah serta berbagai pembatasan lainnya.

Para pengamat juga mengatakan pernyataan tersebut juga mungkin membuka peluang bagi Korut untuk melakukan pengujian senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Tingkat kematian akibat COVID-19 di Korut, yakni sebanyak 74 orang, merupakan "keajaiban yang belum pernah terjadi sebelumnya" jika dibandingkan dengan negara-negara lain, kata KCNA yang mengutip seorang pejabat.

Baca Juga: Dilanda Darurat COVID-19, Korea Utara Gelar Acara Besar Tanpa Harus Pakai Masker

Korut sejauh ini belum mengungkapkan berapa banyak dugaan kasus virus corona yang ditemukan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X