• Kamis, 29 September 2022

Penting..! Kamu Harus Tahu Makna Proklamasi Kemerdekaan Repbulik Indonesia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 20:03 WIB
Design Banner HUT Kemerdekaan RI ke 77  (ketiknews)
Design Banner HUT Kemerdekaan RI ke 77 (ketiknews)

KETIKNEWS.ID,-- Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan negara Indonesia di rumahnya yang berada di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

Secara lantang, Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi yang telah dirumuskan semalam suntuk bersama para tokoh-tokoh proklamasi lainnya.

Dengan dibacakannya proklamasi, Indonesia menyatakan bahwa telah bebas dari belenggu penjajahan yang mengikat sejak ratusan tahun silam. Kabar gembira ini langsung disiarkan melalui berbagai media seperti radio, media cetak, hingga utusan daerah.

Baca Juga: PCR Jadi Syarat Wajib Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Jika Belum Divaksin Booster

Dikutip dari kemdikbud.go.id/21991/1/XI Sejarah-Indonesia, Peristiwa penting ini memang hanya berlangsung selama kurang lebih satu jam, tetapi telah membawa perubahan yang besar bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dijadikan sebagai tonggak pembaruan kehidupan bangsa Indonesia di segala aspek kehidupan.

Perjuangan dari masa kolonial hingga perumusan proklamasi sangatlah panjang sehingga proklamasi sendiri memiliki makna yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia.

Kemerdekaan Republik Indonesia memberikan perubahan diberbagai aspek, antara lain :

Dalam aspek politik, tentunya Indonesia memiliki kedaulatan rakyat yaitu pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi dan terlepas dari segala bentuk penjajahan. Inilah yang diperjuangkan oleh rakyat Indonesia sejak dulu.

Dalam aspek sosial, segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan dari bumi bangsa Indonesia. Selain itu juga, semua warga negara Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang. Tidak ada perbedaan suku, agama, dan sebagainya. Hanya ada satu kata, yakni Indonesia.

Baca Juga: Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang: Tanda Tanya Gol Lemparan Dewangga yang Dianulir

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Terkini

Akhir Proses Perkara Ferdy Sambo CS

Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB
X