• Kamis, 29 September 2022

Ditengah Terpaan Krisis Global di Seluruh Dunia, Jokowi Sebut Indonesia Mampu Menghadapinya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:24 WIB
Pidato Presiden Jokowi terkait terpaan krisis global. (Humas Setkab)
Pidato Presiden Jokowi terkait terpaan krisis global. (Humas Setkab)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Indonesia menjadi negara yang sanggup menghadapi terpaan krisis global.

Hal itu disampaikan saat Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (15/8/2022).

“Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," ungkap Jokowi, melansir Antara.

Baca Juga: Peringati Kemerdekaan, Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan bagi 127 Tokoh

Jokowi menyebut ada 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya jatuh bangkrut. Selanjutnya, diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

"Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," tambahnya.

Presiden Jokowi menyebut Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19.

Baca Juga: Buntut Konflik Rusia Ukraina, Jokowi Ramal 800 Juta Orang Bakal Kelaparan

"Termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan. Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen," kata Presiden.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Proses Perkara Ferdy Sambo CS

Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB
X