• Kamis, 29 September 2022

Sambil Kenakan Pakaian Adat Sulawesi Tenggara, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI dengan Khidmat

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:48 WIB
Presiden Jokowi mengenakan baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara pada upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi mengenakan baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara pada upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani dari provinsi Sulawesi Tenggara saat Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara," kata Presiden Jokowi seperti dilansir Antara.

Presiden Jokowi muncul ditemani Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan sejumlah ajudan yang juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

"Ini baju Dolomani dari Buton, maknanya dicari ke Buton," tambah Presiden singkat.

Baju yang dikenakan Presiden Jokowi berupa jubah panjang warna merah dengan ornamen putih di sepanjang pinggiran jubah. Presiden juga mengenakan celana merah dengan ornamen putih senada.

Baca Juga: Peringati HUT ke-77 RI, Pelaksanaan '3 Menit untuk Indonesia' Dilansungkan di Simpang Lima Asia Afrika

Di dalam jubah merah panjang, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih gading berhias payet yang tampak harmonis dengan ornamen jubah. Tidak ketinggalan tutup kepala bundar masih dengan ornamen putih dan sarung berwarna cokelat dan putih.

Presiden Jokowi memiliki tradisi mengenakan baju-baju adat pada peringatan HUT Kemerdekaan RI. Pada 2017, Presiden mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan sedangkan Iriana mengenakan baju adat Minangkabau.

Pada 2018, Presiden Jokowi menenakan baju Meukeusah dari Aceh lengkap dengan penutup kepalanya. Pada 2019 Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali baju adat Klungkung lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Proses Perkara Ferdy Sambo CS

Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB
X