• Kamis, 29 September 2022

Pengamat Nilai Pidato Puan Maharani sebagai Isyarat akan Berpartisipasi di Pilpres 2024

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:06 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani dianggap siap berpartisipasi dalam perebutan kursi presiden 2024. (Dok. DPR)
Ketua DPR RI Puan Maharani dianggap siap berpartisipasi dalam perebutan kursi presiden 2024. (Dok. DPR)

KETIKNEWS.ID,-- Pengamat politik, A Khairul Umam, menilai poin pidato politik Ketua DPR RI Puan Maharani yang menganalogikan pria dan wanita sebagai dua sayap burung yang memiliki derajat yang sama, mengindikasikan Puan bakal maju di Pilpres 2024.

Umam mengatakan pidato itu bisa dipahami sebagai wujud ekspresi "keterpanggilan" Puan Maharani untuk berani tampil di pentas gelanggang politik yang didominasi oleh tradisi patriarkal.

"Praktis, jika dipetakan basis kekuatan politik perempuan saat ini, hanya Puan Maharani yang memiliki kapasitas itu. Puan memegang kendali penuh atas roda mesin politik yang mengantongi bekal 20 persen presidential threshold," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) ini, seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Kenang Tjahjo Kumolo, Puan: Sebagai Sosok yang Tenang dan Sederhana

Oleh karena itu, kata Umam, sebagai wujud keterpanggilan atas nilai-nilai dasar kesetaraan laki-laki dan perempuan, maka PDIP sebaiknya tidak ragu untuk maju mengusung Puan di 2024 nanti.

"Hingga kini tidak ada elektabilitas yang dominan. Elektabilitas bisa dibentuk oleh jaringan dan mesin politik yang disiplin dan solid," tuturnya.

Dia menambahkan majunya Puan di Pilpres 2024 bukan hanya sebatas upaya untuk memenuhi kewajiban hadirnya perwakilan pemimpin perempuan.

"Tetapi juga keharusan yang layak diperjuangkan berdasar kalkulasi politik yang rasional," ucap Umam.

Baca Juga: Atur Cuti Melahirkan 6 Bulan, Puan Maharani Resmi Mengesahkan RUU KIA Jadi Inisiatif DPR

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Proses Perkara Ferdy Sambo CS

Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB
X