PBB Anggap China Lakukan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Etnis Uighur

- Kamis, 1 September 2022 | 14:49 WIB
Ilustrasi orang-orang Uighur di China. (Flickr / Allan Grey)
Ilustrasi orang-orang Uighur di China. (Flickr / Allan Grey)

KETIKNEWS.ID,-- Komisi Tinggi HAM PBB (OHCHR), melaporkan China melakukan penahanan terhadap warga Uighur dan sebagian besar etnis minoritas Muslim lainnya di wilayah barat laut Xinjiang.

PBB menilai apa yang dilakukan China itu merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Interpretasi ekstremisme yang sangat luas seringkali secara eksplisit menargetkan prinsip standar agama dan praktik Islam.

Imbasnya, warga Uighur dan sebagian besar etnis minoritas Muslim lainnya teridentifikasi melanggar kebijakan ‘kontra-ekstremisme’ dengan risiko sanksi pidana dan/atau pendidikan ulang.

Baca Juga: China Waspadai Latihan Militer AS-India di Dekat Wilayah Perbatasan

“Bersamaan dengan meningkatnya pembatasan ekspresi praktik keagamaan Muslim, laporan berulang tentang penghancuran situs-situs keagamaan Islam, seperti masjid, tempat suci dan kuburan, terutama selama periode kampanye ‘Strike Hard’ (kebijakan memperketat pengawasan terhadap etnis Uighur di Xinjiang),” demikian keterangan tertulis dalam laporan itu.

Ada 20.000 dari 35.000 masjid di China terletak di Xinjiang. Namun, berdasarkan analisis rinci dari citra satelit yang tersedia untuk umum, sejumlah besar masjid di Xinjiang telah dihancurkan selama beberapa tahun terakhir.

Penghancuran itu juga dilaporkan jurnalis investigasi yang telah mengunjungi Xinjiang dan membandingkan citra satelit dengan kondisi fisik situs geografis saat ini.

Baca Juga: Tidak Hanya Manusia Saja, China juga Tes PCR ke Ikan dan Kepiting

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Twitter Diduga Alami Kebocoran Data para Pengguna

Jumat, 6 Januari 2023 | 10:21 WIB

Ribuan Orang Penghormatan Terakhir untuk Pele

Selasa, 3 Januari 2023 | 16:20 WIB

Terpopuler

X