• Jumat, 7 Oktober 2022

Peneliti China Ungkap Permukaan Planet Mars Lewat Misi Eksplorasi Pertama Tianwen-1

- Senin, 19 September 2022 | 11:57 WIB
permukaan Planet Mars (UPI)
permukaan Planet Mars (UPI)

KETIKNEWS.ID,-- Administrasi Luar Angkasa nasional China atau China National Space Aministration (CNSA) mengungkapkan berhasil menemukan banyak hasil ilmiah dalam misi eksplorasi Mars pertama mereka.

China telah meluncurkan wahana pengorbit (orbiter) Tianwen-1 untuk beroperasi secara normal selama lebih dari 780 hari dan Wahana Penjelajah (rover) Zhurong yang telah melakukan perjalanan sejauh 1.921 meter di permukaan Mars.

Wahan pengorbit dan penjelajah China tersebut sukses menyelesaikan misi eksplorasi ilmiah yang ditargetkan dan mendapatkan 1.480 gigabite data ilmiah mentah.

Baca Juga: Setelah Ditunda, NASA Kembali Luncurkan Roket Artemis I 27 September 2022 Mendatang

Wahana Orbit Tianwen-1 yang terdiri dari pendarat (lander) dan penjelajah berhasil mendarat di area pendaratan yang telah dipilih sebelumnya di Utopia Planitia yang merupakan dataran luas di permukaan Mars pada 15 Mei 2021 lalu.

Para peneliti China melakukan studi secara menyeluruh terkait bentangan alam khas di area pendaratan, termasuk kerucut cekung, kawah tumbukan dan parit. Serta mengungkapkan hubungan yang signifikan antara pembentukan pegunungan dan aktivitas air.

Melalui data tersebut, para peneliti menemkan mineral pembawa air di batuan kerak keras seperti lempengan di dekat area pendaratan, yang membuktikan bahwa ada banyak aktivitas air di area pendaratan tersebut sejak 1 miliar tahun silam.

Baca Juga: NASA Tangkap Penampakan Nebula Tarantula Lewat Teleskop Webb

Setelah menggabungkan dengan data lainnya, para peneliti juga menemukan bahwa tanah di area pendaratan memiliki daya topang yang besar dan parameter gesekan yang rendah.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina pada Hari Ini

Jumat, 30 September 2022 | 06:54 WIB

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X