Menyesuaikan Kriteria Baru MABIMS, Kemenag Susun Kembali Kalender Hijriah 2023

- Selasa, 20 September 2022 | 18:25 WIB
Ilustrasi Kemanag sususn kembali kalender Hijriyah 2023. (Unsplash / Claudio Schwarz)
Ilustrasi Kemanag sususn kembali kalender Hijriyah 2023. (Unsplash / Claudio Schwarz)

KETIKNEWS.ID,-- Kementrian Agama (Kemenag) tengah menyusun kalender Hijriah Indonesia 2023 guna menentukan penentuan awal bulan kamariah dan hari-hari keagamaan Islam pada tahun 2023.

"Kita menyusun Buku Ephemeris Hisab Rukyat dan penanggalan kalender hijriah Indonesia tahun 2023 yang nantinya menjadi bahan rekomendasi sebagai dasar penetapan hari libur keagamaan tahun 2023," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib.

Adib yang menghadiri Pertemuan Ahli Hisab dan Rukyat berharap pertemuan ini bisa memperkuat persatuan, khususnya dalam penentuan waktu-waktu ibadah.

Baca Juga: Satu Pintu, BPJPH Kemenag Tegaskan Daftar Sertifikasi Halal Hanya Melalui SIHALAL

Adib menuturkan jika buku Ephemeris Hisab Rukyat dan kalender hijriah Indonesia tahun 2023 ini menggunakan kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Adib mengatakan kalender hijriah sebelumnya masih menggunakan kriteria lama MABIMS, di mana tinggi hilal 2 derajat dan sudut elongasi 3 derajat.

"Sementara pada kriteria baru MABIMS yang telah kita terapkan dalam penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah pada tahun ini, syarat ketinggian hilal adalah 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat," kata dia.

Baca Juga: Permudah Masyarakat Mencari Ustadz, Kemenag Rilis Aplikasi 'Ustadzkita'

Adib berharap para ahli falak dari berbagai ormas Islam dapat menyosialisasikan secara luas penerapan kriteria baru MABIMS yang telah disepakati.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Teken Perpres Soal Gaji Otorita IKN

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:17 WIB

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB
X