• Kamis, 29 September 2022

Bantah Klaim AS, Militer Korea Utara Akui Tidak Jual Senjata ke Rusia

- Kamis, 22 September 2022 | 13:07 WIB
Ilustrasi - Bantah Klaim AS, Militer Korea Utara Akui Tidak Jual Senjata ke Rusia. (Russian Defense Ministry Press Service)
Ilustrasi - Bantah Klaim AS, Militer Korea Utara Akui Tidak Jual Senjata ke Rusia. (Russian Defense Ministry Press Service)

KETIKNEWS.ID,-- Militer Korea Utara membantah klaim Amerika Serikat (AS) bahwa pihaknya menjual senjata ke Rusia.

Militer Korea Utara mengatakan bahwa tidak terdapat pengiriman serupa yang dikirim dan pihaknya tidak memiliki rencana demikian.

Baca Juga: AS Sebut Penjualan Senjata Korea Utara ke Rusia Langgar Resolusi Dewan Keamanan PBB

Wakil Direktur Jenderal Biro Umum Peralatan di Kementerian Pertahanan Korea Utara membantah tuduhan tersebut dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada hari Kamis 22 September 2022.

Selain membantah bahwa rezim itu pernah atau berencana mengirim senjata ke Rusia, Kementerian Pertahanan Korea Utara juga mengutuk Washington yang membuat tuduhan tersebut dan memberi peringatan untuk tidak mencemarkan nama baik Korea Utara.

Kementerian itu menekankan pula bahwa pengembangan, produksi, kepemilikan peralatan militer, serta ekspor dan impor adalah hak negara berdaulat.

Baca Juga: Intelajen AS Anggap Rusia Beli Peluru Artileri dari Korut

Awal bulan ini, Amerika Serikat mengatakan bahwa Rusia telah beralih ke Korea Utara untuk membeli jutaan peluru artileri dan roket untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Amerika Serikat menyebutnya sebagai pelanggaran resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa atas Korea Utara.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Yonhap News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X