• Kamis, 29 September 2022

Menyelisik Makam Para Penduhulu dan Pendiri Kota Bandung, dari Dalem Kaum hingga Dalem Gordah

- Kamis, 22 September 2022 | 14:42 WIB
Menyelisik Makam Para Penduhulu dan Pendiri Kota Bandung, dari Dalem Kaum hingga Dalem Gordah. (Humas Kota Bandung)
Menyelisik Makam Para Penduhulu dan Pendiri Kota Bandung, dari Dalem Kaum hingga Dalem Gordah. (Humas Kota Bandung)

KETIKNEWS.ID,-- Menjelang perayaan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung selalu melaksanakan ziarah ke makam para Bupati Bandung terdahulu.

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berziarah ke makam para leluhur eks pemimpin Kota Bandung, Kamis 22 September 2022.

Ziarah dilakukan ke situs makam Dalem Kaum, Karang Anyar, Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung, dan Makam Dalem Gordah Kabupaten Garut.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Bupati Bandung Terdahulu, Oded: Kita Harus Miliki Jiwa Semangat yang Sama

Di situs makam Dalem Kaum terdapat makam Raden Adipati Aria (R.A.A.) Wiranatakusumah II, atau yang lebih dikenal sebagai Dalem Kaum (1794-1829). Dalem Kaum memiliki nama asli Indradireja.

Di Jalan Karang Anyar adalah makam Rd. Tumenggung Wiranatakusumah III (1829-1846) atau yang berjuluk Dalem Karang Anyar. Di sana juga terdapat makam Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Di makam yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum itu juga terdapat makam Nyi Rd. Kendran, Bupati Bandung ke-XV Rd. Tumenggung Male Wiranatakusumah, dan Penghulu Kab. Bandung Rd. Moch Soleh.

Baca Juga: Warga Kota Bandung, Ini 8 Ragam Rangkaian Kegiatan HJKB ke-212

Di Dayeuhkolot, ada tujuh makam pemimpin Bandung, yakni Ratu Wiranatakusumah (Raja Timbanganten ke-VII), Bupati Bandung ke-1 Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641-1709) atau Raden Astramanggala, Rd. Tumenggung Anggadiredja II (Bupati Bandung ke-IV), Rd. Adipati Wiranatakusumah I yang bernama asli Anggadireja III (Bupati Bandung ke-V), Rd. Demang Sastranegara (Patih Bandung), Rd. Rg. Somanegara (Patih Bandung), dan Rd. Demang Suriadipradja (Hoofd Jaksa Bandung).

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rampung 100 Persen, Fly Over Kopo Siap Diuji Fungsi

Selasa, 20 September 2022 | 10:24 WIB
X