• Rabu, 5 Oktober 2022

Sebagai Bentuk Penyelidikan, KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

- Jumat, 23 September 2022 | 14:34 WIB
KPK Geledah gedung Mahkamah Agung (MA). (Instagram @humasmahkamahagung)
KPK Geledah gedung Mahkamah Agung (MA). (Instagram @humasmahkamahagung)

KETIKNEWS.ID,-- Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Gedung Mahkamah Agung (MA) pada Jumat, (23/9) untuk menyelidiki terkait suap pengurusan perkara yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD) sebagai tersangka.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri membenarkan hal tersebut sebagai bagian dari penyilidikan.

"Benar, hari ini tim penyidik KPK melaksanakan penggeledahan, di antaranya berlokasi di Gedung MA RI," kata Ali Fikri dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sebagai Bentuk Prihatin, Jajaran MA akan Bersikap Kooperatif Penuhi Panggilan KPK

Ia mengatakan bahwa kegiatan penggeledahan saat ini masih berlangsung. KPK akan menginformasikan kembali perkembangan dari kegiatan tersebut.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan 10 tersangka kasus tersebut. Sebagai penerima, yaitu SD, Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), dua PNS pada Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY) dan Muhajir Habibie (MH), serta dua PNS MA Redi (RD) dan Albasri (AB).

Sebagai pemberi, yaitu Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES) masing-masing selaku pengacara serta dua pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana (ID) Heryanto Tanaka (HT) dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

Baca Juga: Jadi Tempat Menyimpan Uang, KPK Amankan Buku Bahasa Inggris Dalam Kasus Suap MA

Dalam konstruksi perkara, KPK menjelaskan bahwa mulanya ada laporan pidana dan gugatan perdata terkait dengan aktivitas dari Koperasi Simpan Pinjam Intidana di Pengadilan Negeri Semarang yang diajukan HT dan IDKS dengan diwakili melalui kuasa hukumnya, yakni YP dan ES.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X