• Rabu, 5 Oktober 2022

Masuk Peralihan Musim, Kemenkes Minta Dinkes Waspadai Lonjakan DBD

- Jumat, 23 September 2022 | 17:39 WIB
Ilustrasi - Masuk Peralihan Musim, Kemenkes Minta Dinkes Waspadai Lonjakan DBD. (Pixabay/Wikilmages )
Ilustrasi - Masuk Peralihan Musim, Kemenkes Minta Dinkes Waspadai Lonjakan DBD. (Pixabay/Wikilmages )

KETIKNEWS.ID,-- Memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, kasus Dengue (DBD) di Indonesia terpantau meningkat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan penambahan kasus DBD berasal dari 64 kabupaten/kota di 4 provinsi diantaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur.

Kabupaten/Kota yang mencatat kasus DBD tertinggi diantaranya Kota Bandung dengan 4196 kasus, Kabupaten Bandung sekitar 2777 kasus, Kota Bekasi dengan 2059 kasus, Kabupaten Sumedang sekitar 1647 kasus, dan Kota Tasikmalaya dilaporkan sebanyak 1542 kasus.

Baca Juga: Selain Fogging, Ini Cara Efektif Paling Utama Berantas DBD

Maxi mengungkapkan pihaknya terus melakukan upaya pengendalian dan pencegahan yang masif dan simultan dengan melibatkan seluruh pihak baik tingkat pusat maupun daerah.

Pada 6 September lalu, Kemenkes melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular telah mengirimkan surat kepada seluruh Kepala Daerah di Indonesia mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota, meminta agar Dinas Kesehatan meningkatkan kewaspadaan dengan aktif melakukan pengendalian Dengue lebih dini.

Sementara itu, kegiatan penanggulangan Dengue/DBD dimasukkan dalam kegiatan perencanaan daerah dan memperkuat regulasi penanggulangan Dengue/DBD baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai kepada tingkat desa/kelurahan.

Baca Juga: Memahami Daur Hidup Nyamuk sebagai Langkah Pencegahan Penyakit

Penganggaran kegiatan program yang memadai secara berkesinambungan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam penanggulangan Dengue/DBD.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Sehat Negeriku

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X