• Rabu, 5 Oktober 2022

Terkait Status Bebas Pandemi Covid-19, Satgas Minta Jangan Tergesa-gesa

- Jumat, 23 September 2022 | 17:57 WIB
 Ilustrasi jangan tergesa-gesa dalam menentukan bebas pandemi Covid-19. (Unsplash/martin sanchez)
Ilustrasi jangan tergesa-gesa dalam menentukan bebas pandemi Covid-19. (Unsplash/martin sanchez)

KETIKNEWS.ID,-- Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan untuk tidak tergesa-gesa dalam menyatakan status bebas pandemi virus corona.

Meskipun pernyataan tersebut telah dilontarkan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang menyebut pandemi Covid-19 telah berakhir, namun tetap harus diwaspadai.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasminto mengatakan pertimbangan tersebut harus berdasarkan data dari berbagai negara di dunia, bukan hanya dari satu negara saja.

Baca Juga: Tetap Waspadai COVID-19, Jokowi Tegaskan Hanya WHO yang Bisa Nyatakan Pandemi Berakhir

"Indonesia masih mengedepankan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan. Jangan sampai kita tergesa-gesa menyampaikan bebas pandemi, tanpa mengacu pada data dan kondisi Covid-19 terkini dari berbagai negara di dunia," ujar Wiku.

Pada kesempatan yang sama, Wiku juga menjelaskan, setidaknya ada lima terintegrasi yang perlu menjadi fokus setiap negara menuju berakhirnya pandemi Covid-19.

Menurut dia, lima pilar ini merupakan pedoman penanganan Covid-19 terbaru yang dikeluarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dimana pencabutan status pandemi Covid-19 merupakan kewenangan WHO.

Baca Juga: Meski Belum Berakhir, Tapi Ujung Pandemi Covid-19 Sudah Terlihat

"Penting untuk menjadi perhatian pemerintah pusat, daerah, dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menegakan lima pilar ini agar akhir pandemi dapat segera diraih," tuturnya.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X