• Sabtu, 10 Desember 2022

AS Ancam Rusia dengan Konsekuensi Bencana jika Gunakan Senjata Nuklir ke Ukraina

- Senin, 26 September 2022 | 13:29 WIB
Ilustrasi Jika Rusia gunakan senjata nuklir, AS akan berikan konsekuensi bencana. (instagram / @meganoticiascl)
Ilustrasi Jika Rusia gunakan senjata nuklir, AS akan berikan konsekuensi bencana. (instagram / @meganoticiascl)

KETIKNEWS.ID,-- Amerika Serikat peringatkan 'konsekuensi bencana' kepada Rusia jika berani mengguanakan senjata nuklir terhadap Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan menuturkan konsekuensi tersebut sebagai respon ancaman nuklir terselubung dari Vladimir Putin dalam pidatonya. Putin juga mengumumkan mobilisasi militer masa perang pertamanya sejak Perang Dunia II.

"Jika Rusia menerobos garis ini, akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan menanggapinya secara tegas," kata Sullivan yang dikutip dari Antara.

Baca Juga: Setelah Rebut Sejumlah Wilayahnya, Ukraina Tuai Hasil Positif dari Pasukan Rusia

Ia menuturkan AS kerap berkomunikasi langsung dengan Rusia, seperti beberapa hari belakangan untuk membahas situasi di Ukraina serta tindakan dan ancaman Putin.

Presiden AS Joe Biden dalam pidato di Majelis Umum PBB di New York, Rabu, menuduh Putin membuat "ancaman nuklir terang-terangan terhadap Eropa" dengan nekat mengabaikan tanggung jawab nonproliferasi nuklir.

Rusia juga sedang mengelar referendum di empat wilayah Ukraina timur yang bertujuan mencaplok wilayah yang dikuasai pasukan Rusia selama invasi yang dimulai sejak Februari lalu.

Baca Juga: Ironi, di Hari Perdamaian Internasional, Rusia Perluas Agresinya ke Ukraina

Ukraina dan sekutunya menyebut referendum itu sebagai sebuah kepalsuan yang dirancang untuk membenarkan eskalasi perang dan upaya mobilisasi Putin setelah baru-baru ini kalah di medan perang.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Sebut Apple akan Blokir Twitter dari App Store

Selasa, 29 November 2022 | 11:13 WIB
X