• Kamis, 1 Desember 2022

Kemenag Tegaskan Sertifikat Halal Tidak Akan Keluar Jika Belum Terdaftar di SIHALAL

- Senin, 26 September 2022 | 18:05 WIB
Tampilan muka aplikasi SIHALAL pada ptsp.halal.go.id (Sumber: Kemenag)
Tampilan muka aplikasi SIHALAL pada ptsp.halal.go.id (Sumber: Kemenag)

KETIKNEWS.ID,-- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan tidak akan mengeluarkan sertifikat halal (SH) bila pelaku usaha belum mendaftar di Sistem Informasi Halal (SIHALAL).

Hal ini disampaikan Sekretaris BPJPH Arfi Hatim saat membuka Workshop SIHALAL, di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami pertegas, tidak ada satu pun aplikasi mengurus sertifikasi halal selain SIHALAL, begitu juga dalam prosesnya," ujar Arfi dalam keterangannya dikutip Senin 26 September 2022.

Baca Juga: Satu Pintu, BPJPH Kemenag Tegaskan Daftar Sertifikasi Halal Hanya Melalui SIHALAL

"Tidak ada satu Lembaga pun yang mengeluarkan sertifikasi halal selain BPJPH Kementerian Agama, jikalau pun ada, itu palsu,” tegas Arfi di hadapan sekitar 100 pelaku usaha yang menghadiri workshop.

Penegasan ini perlu disampaikan, karena menurut Arfi, masih ditemukan pelaku usaha yang mendaftar sertifikasi halal pada aplikasi yang dikelola Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) bukan pada SIHALAL. Kondisi ini membuat pengajuan pelaku usaha tidak dapat diproses menjadi sertifikasi halal.

"Kemudian mereka datang ke BPJPH setelah mendapatkan Ketetapan Halal (KH). Namun, dengan berat hati kami tidak bisa mengeluarkan sertifikasi halal (SH), karena mereka tidak mendaftar melalui SIHALAL sejak awal," ungkap Arfi.

Baca Juga: Dinilai Tidak Sesuai dengan Amanat Presiden, Ribuan Pedagang Baso Keluhkan Biaya Sertifikasi Halal

"Kalau mereka mau mendapatkan sertifikat halal, maka pelaku usaha wajib mengulang proses pengajuannya dari SIHALAL,"sambungnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X