• Kamis, 1 Desember 2022

Guna Mudahkan Masyarakat, Korlantas Polri akan Pasang Chip di BPKB Elektronik

- Selasa, 27 September 2022 | 11:32 WIB
Ilustrasi BPKB elektronik yang ditanam chip.  (NTMC Polri)
Ilustrasi BPKB elektronik yang ditanam chip. (NTMC Polri)

KETIKNEWS.ID,-- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana akan mengembangkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik yang nantinya dilengkapi teknologi chip.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus menyampaikan pengambilan sejumlah kebijakan seperti pegadaian, perbankan, hingga idustri keuangan, dapat dilakukandalam sistem single data BPKB.

"BPKB baru kita akan upayakan untuk tahun ini, memang kita gunakan teknologi chip, yang nantinya dapat mengetahui semua sejarah kendaraan," ungkap Yusri Yunus.

Baca Juga: Korlantas Polri Ajukan Biaya Balik Nama Kendaraan Digratiskan

Menurut Yusri, sistem single data ini akan memudahkan masyarakat mengurus dokumen BPKB.

"Dalam sistem ini sudah kita pikirkan bagaimana kita munculkan satu aplikasi untuk bisa terkolaborasi dengan beberapa pemangku kepentingan terkait. Ya, ini kita sudah arahkan ke single data semuanya," katanya.

Selain itu, BPKB elektronik akan memudahkan masyarakat. Misalnya BPKB mutasi kendaraan tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca Juga: Korlantas Ungkap Cara Tilang Elektronik Pakai Ponsel

Yusri menjelaskan, sejumlah manfaat yang akan didapatkan dengan memigrasi sistem BPKB ini. Salah satunya adalah mencegah penyelewengan, pemalsuan, hingga duplikasi surat kendaraan tersebut.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X