• Kamis, 1 Desember 2022

Cegah Mafia Hukum Berkeliaran di Ranah Pengadilan, Mahfud MD akan Buat Reformasi Peradilan

- Selasa, 27 September 2022 | 15:05 WIB
Mahfud MD akan mereformasi peradilan untuk mencegah mafia hukum berkeliaran di lingkungan pengadilan. (Instagram / @mohmahfudmd)
Mahfud MD akan mereformasi peradilan untuk mencegah mafia hukum berkeliaran di lingkungan pengadilan. (Instagram / @mohmahfudmd)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyampaikan akan segera membuat solusi untuk mencegah mafia hukum berada di lingkungan pengadilan.

Solusi ini dibuat setelah Presiden Joko Widodo menginstruksikan regulasi reformasi hukum dibidang pengadilan harus dibuat, setelah ditemukannya kasus hakim agung yang tersandung kasus perampasan aset koperasi.

"Presiden meminta saya sebagai Menko Polhukam untuk mencari formula reformasi di bidang hukum peradilan, sesuai dengan instrumen konstitusi dan hukum yang tersedia," kata Mahfud MD dikutip dari PMJ News.

Baca Juga: Setelah Adanya Kasus Dugaan Suap di MA, Hukum di Indonesia akan Direformasi

"Presiden kecewa karena usaha pemberantasan korupsi yang cukup berhasil di lingkungan eksekutif, justru kerap kali gembos di lembaga yudikatif dengan tameng hakim itu merdeka dan independen," lanjut Mahfud.

Mahfud juga menegaskan reformasi hukum perlu dilakuka di bdang pengadilan karena kerap adanya kasus penegak hukum yang menjadi kendur ketika sampai di pengadilan.

"Pemerintah sudah berusaha menerobos berbagai blokade di lingkungan pemerintah untuk memberantas mafia hukum, tapi sering gembos di pengadilan. Pemerintah sudah bertindak tegas, termasuk mengamputasi bagian tubuhnya sendiri seperti menindak pelaku kasus korupsi Asuransi Jiwasraya, Asabri, Garuda, Satelit Kemhan, Kementerian, dan lain-lain," urai Mahfud.

Baca Juga: Sebagai Bentuk Prihatin, Jajaran MA akan Bersikap Kooperatif Penuhi Panggilan KPK

"Kejaksaan Agung sudah bekerja keras dan berhasil menunjukkan kinerja positifnya. KPK juga berkinerja lumayan. Tetapi kerap kali usaha-usaha yang bagus itu gembos di MA, ada koruptor yang dibebaskan, ada koruptor yang dikorting hukumannya dengan diskon besar," paparnya lagi.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X