• Sabtu, 10 Desember 2022

Malaysia Bebaskan Pemakaian Masker bagi Penumpang Pesawat Terbang

- Kamis, 29 September 2022 | 08:58 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat terbang di Malaysia tidak diwajibkan pakai masker. (Unsplash / VOO QQQ)
Ilustrasi penumpang pesawat terbang di Malaysia tidak diwajibkan pakai masker. (Unsplash / VOO QQQ)

KETIKNEWS.ID,-- Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) telah tidak mewajibkan lagi pemakaian masker bagi penumpang yang menaiki pesawat terbang.

Dalam keterangannya, Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin melihat kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mereda maka pemakaian masker tidak lagi diwajibkan ketika menaiki pesawat sejak 28 Seeptember 2022 lalu.

Kendati demikian, Khairy tetap meminta untuk tetap waspada terutama bagi kelompok individu yang bergejala seperti demam, batuk dan selesma untuk menggunakan masker.

Baca Juga: Pemerintah Korea Selatan Resmi Cabut Aturan Penggunaan Masker di Luar Ruangan

Selain itu, individu yang berisiko tinggi seperti warga lanjut usia (lansia), orang dengan penyakit kronis, individu dengan imunitas rendah dan ibu hamil juga tetap waspada.

Individu yang melakukan perjalanan bersama dengan orang berisiko tinggi seperti lansia dan anak-anak juga wajib bermasker.

Khairy mengatakan keputusan tersebut dibuat menggunakan pendekatan berbasis risiko dan telah memperhitungkan peningkatan dalam teknologi pesawat dan beban kasus COVID-19 di Malaysia yang saat ini lebih terkendali.

Baca Juga: Mulai Pekan Depan, Jalan-jalan Diluar Tidak Pakai Masker di Korea Selatan Tak Kena Denda

Hal yang menjadi pertimbangan lain yakni perhitungan ventilasi yang baik dalam kabin, penggunaan penapis high-efficiency particulate absorbing (HEPA) untuk mengeluarkan polusi udara, pengaturan tempat duduk, serta frekuensi penjadwalan desinfeksi pesawat.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Sebut Apple akan Blokir Twitter dari App Store

Selasa, 29 November 2022 | 11:13 WIB
X