• Selasa, 29 November 2022

Psikolog: Penyintas Tragedi Kanjuruhan yang Trauma Mesti Dapat Pendampingan dan Pemeriksaan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:11 WIB
Ilustrasi: Rininda Mutia menyarankan penyintas insiden tragedi Kanjuruhan yanga mengalami trauma mesti diberikan pendampingan dan pemeriksaan khusus. (freepik/jcomp)
Ilustrasi: Rininda Mutia menyarankan penyintas insiden tragedi Kanjuruhan yanga mengalami trauma mesti diberikan pendampingan dan pemeriksaan khusus. (freepik/jcomp)

KETIKNEWS.ID,-- Psikolog klinis, Rininda Mutia menyarankan, penyintas insiden tragedi Kanjuruhan, sebaiknya diberi pendampingan dan pemeriksaan individual oleh profesional.

Terutama bagi penyintas yang mengalami trauma dan kondisi kesehatan mentalnya mengkhawatirkan. Pendampingan dan pemeriksaan bisa dilakukan oleh psikolog ataupun psikiater.

"Jika kondisi kesehatan mental para penyintas cukup mengkhawatirkan sebaiknya selain ada pendampingan kelompok, dilakukan juga pemeriksaan individual dengan profesional, bisa psikolog ataupun psikiater," ujar Rininda, Selasa (4/10).

Baca Juga: Polri: Data Uptade Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan 131 Orang

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10), yang menewaskan 131 orang, termasuk anak-anak.

Psikolog itu mengatakan proses penyembuhan trauma untuk korban insiden bervariasi, tergantung dari bentuk trauma dan karakteristik orang yang mengalami trauma.

Langkah yang dilakukan untuk mendampingi korban insiden meliputi prosedur yang spesifik, ujar dia, mulai dari asesmen, intervensi, hingga evaluasi.

Baca Juga: Kemensos akan Respon Permintaan Modal Usaha bagi Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

"Jadi bukan hanya ditemani atau diajak ngobrol tapi proses menemani dan mengajak ngobrolnya punya tujuan spesifik," kata Rininda, psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia dan Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, dikutip dari Antara, Rabu (10/5).

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X