• Selasa, 29 November 2022

UMM Kirim Tim Support Mobility untuk Pendampingan Trauma Penyintas Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:39 WIB
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan tim Support Mobility untuk pendampingan trauma bagi penyintas dan pendataan korban tragedi Kanjuruhan. (UMM)
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan tim Support Mobility untuk pendampingan trauma bagi penyintas dan pendataan korban tragedi Kanjuruhan. (UMM)

KETIKNEWS.ID,-- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan tim Support Mobility untuk pendampingan trauma bagi penyintas dan pendataan korban tragedi Kanjuruhan.

Tim Support Mobility terdiri dari satuan medis dan psikologis yang bertujuan mendampingi, menemani, mendengarkan keluh kesah keluarga korban serta memberikan pelayanan psikologis.

Support Mobility juga akan dibantu oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang, HIMPSI Malang, Save the Children, Maharesigana UMM, MDMC, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Merdeka, Universitas Brawijaya, dan sederet lainnya.

Baca Juga: Psikolog: Penyintas Tragedi Kanjuruhan yang Trauma Mesti Dapat Pendampingan dan Pemeriksaan

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menilai, tim gabungan ini merupakan upaya yang bagus untuk mengatasi insiden di Kanjuruhan.

Berbeda dengan korban fisik yang bisa diukur dan diperkirakan sembuhnya, lanjut Muhadjir, cedera korban mental lebih sulit untuk dihitung dan diidentifikasi.

Dalam pertemuannya dengan tim Support Mobility di Teater Dome UMM, Kamis (6/10), ia juga mengatakan, pendampingan bukan hanya terhadap korban saja, tapi juga kerabat dan keluarga yang ditinggalkan.

Baca Juga: Lirik Lagu Kanjuruhan Karya Iwan FalsBaca Juga: Lirik Lagu Kanjuruhan Karya Iwan Fals

“Kemarin saya menemui bapak dari korban meninggal. Dua anaknya terenggut dalam tragedi Kanjuruhan. Tentu, membantu dari sisi psikologis juga penting dan menyasar bukan hanya korban yang menonton, tapi juga para keluarga yang ditinggalkan,” kata Menko PMK.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X