Kominfo Hentikan Siaran TV Analog Jabodetabek per 2 November 2022

- Kamis, 3 November 2022 | 19:02 WIB
Kominfo secara resmi menghentikan siaran televisi analog untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, & Bekasi (Jabodetabek), Rabu (2/11) (Dok. Tangkapan layar Youtube Kominfo )
Kominfo secara resmi menghentikan siaran televisi analog untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, & Bekasi (Jabodetabek), Rabu (2/11) (Dok. Tangkapan layar Youtube Kominfo )

KETIKNEWS.ID,-- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi menghentikan siaran televisi analog untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) per Rabu (2/11) malam.

Pada acara hitung mundur penghentian siaran analog di Kompleks Kementerian Kominfo, Kamis (3/11) dini hari, Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan, siaran digital bertujuan untuk meningkatkan kualitas siaran.

"Kita berharap dengan masuk ke era siaran digital, akan muncul variasi konten yang lebih meningkat kualitasnya, mengangkat kultur dan budaya supaya dikenal luas," ujar Johnny dikutip dari Antara.

Baca Juga: Kominfo akan Matikan Siaran TV Analog di Seluruh Indonesia

Digitalisasi penyiaran, lanjut Johnny, adalah kebutuhan bagi keberlanjutan industri penyiaran nasional di tengah kemunculan alternatif siaran melalui media baru.

Analog switch-off (ASO) alias penghentian siaran televisi analog pada 2 November berlaku untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Kementerian Kominfo secara simbolis mengadakan acara "nontong bareng" detik-detik ASO di kompleks Kementerian Kominfo di Jakarta Pusat sejak Rabu (2/11) pukul 23.30 hingga Kamis dini hari.

Baca Juga: Kominfo Menggelar Webinar “Sosialisasi Analog Switch Off dan Set Top Box”

Dengan ASO, 14 kabupaten dan kota di wilayah Jabodetabek resmi memasuki era siaran televisi digital. Selain Jabodetabek, penghentian siaran televisi analog juga sudah berlangsung di sekitar 43 kabupaten dan kota di Indonesia.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X