Lewat G20 Bali, MenkopUKM Sebut Produk Wellness Indonesia akan Jadi Kekuatan UMKM di Masa Depan

- Selasa, 15 November 2022 | 16:23 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki pada acara Future Wellness Tradition (Local Wisdom for Global Sustainability) di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Senin 14 November 2022. (KEMENKOPUKM)
Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki pada acara Future Wellness Tradition (Local Wisdom for Global Sustainability) di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Senin 14 November 2022. (KEMENKOPUKM)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan produk wellness dinilai akan menjadi salah satu kekuatan UMKM nasional di masa depan.

Selain itu, Menteri Teten mengungkapkan bahwa negara-negara maju terhadap produk wellness terus bertumbuh dan menjadi permintaan dunia.

Bahkan, Indonesia memiliki kekayaan biodiversity beraneka ragam yang bisa menjadi sumber dari produk-produk wellness.

"Indonesia juga memiliki tradisi wellness berbasis Bali dan Jawa. Ini menjadi satu kekuatan ekonomi kita ke depan, terutama UMKM. Momentumnya melalui ajang G20 di Bali," kata Teten Masduki pada acara Future Wellness Tradition (Local Wisdom for Global Sustainability) di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Senin 14 November 2022.

Baca Juga: Datang ke Lokasi KTT G20, Joe Biden Berikan Hormat Kepada Jokowi

Lebih dari itu, Tenten melihat ke depan, wellness akan menjadi produk unggulan UMKM Indonesia.

"Ini keunggulan ekonomi kita yang mempunyai nilai komparatif yang luar biasa," kata Menteri Teten.

Ia berharap pelaku wellness terus melakukan riset dan pengembangan produknya.

Salah satu yang industrinya sudah berkembang adalah obat-obatan yang dibuat dari herbal.

"Produk yang berbasis minyak atsiri untuk aroma terapi juga sudah berkembang luar biasa," kata Menteri Teten.

Baca Juga: Sejumlah Pemimpin Negara Telah Tiba di Bali untuk Hadiri KTT G20

Maka, kata Teten, pelaku wellness harus menyiapkan produk yang diproduksi secara benar, higienis, dan memiliki standardisasi tinggi.

"Karena, jika masuk ke pasar luar negeri maka harus ada standardisasi tertentu. Kita jangan hanya bermain di pasar lokal," katanya.

Oleh karena itu, ia menyambut baik hadirnya narasi Wellness Indonesia pada Future SME Village yang menggambarkan krusialnya peran pengembangan potensi UMKM wellness sebagai salah satu elemen UMKM masa depan Indonesia.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X