BPBD Jabar Kirim Tim Unit Reaksi Cepat dan Dukungan Logistik untuk Penanganan Gempa Cianjur

- Selasa, 22 November 2022 | 11:47 WIB
Warga korban reruntuhan gempa menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Desa (RSUD) Sayang (Ayobandung.com/Kavin Faxa)
Warga korban reruntuhan gempa menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Desa (RSUD) Sayang (Ayobandung.com/Kavin Faxa)

KETIKNEWS.ID, Cianjur - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengirimkan dukungan logistik dan peralatan untuk penanganan korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

"Dukungan logistik dan peralatan yang kami kirim ke lokasi gempa di Cianjur diantaranya berupa mobil dapur lapangan satu unit, truk serba guna satu unit, mobil rescue dua unit," kata Koordinator Pusdalops PB BPBD Jabar, Hadi Rahmat, dikutip dari ANTARA, Selasa 22 November 2022.

Selain itu, BPBD Jabar juga telah mengirimkan satu unit mobil bak terbuka, motor trail dua unit, tenda tiga unit, sembako 250 dus, air mineral 100 dus, tenda pengungsi tiga unit, mie instan 100 dus, selimut 500 lembar.

Baca Juga: BPBD Catat 681 Rumah di Sukabumi Rusak Akibat Gempa Cianjur

"Kami juga mendirikan posko dan tenda pengungsi oleh Tim Gabungan Bandung. Dan kami juga terus berkoordinasi dengan teman-teman di BPBD Cianjur," kata dia.

Sbeelumnya, Sekda Jabar sekaligus Kepala BPBD Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Pemda Provinsi Jabar telah mengirim Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Jabar ke Cianjur, Senin 21 November 2022.

"Segera setelah gempa terjadi, kami langsung menerjunkan Unit Reaksi Cepat Pusdalops BPBD Jabar ke lapangan. Di sana sudah berkoordinasi dengan BPBD setempat," kata Setiawan.

Baca Juga: Tinjau Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Semua Korban Ditangani Medis Secara Maksimal

Ia juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial untuk mengantisipasi dampak bencana karena berdasarkan informasi yang diterima terjadi longsor, hingga menutup jalur utama Cianjur.

"Saya sudah minta alat berat diturunkan dan juga Dinas Sosial untuk menangani korban bencananya," ujarnya.

Menurut Setiawan, setelah inventarisir dan assessment dilaksanakan, maka akan diketahui kebutuhan bantuan yang akan diberikan.

"Assesment masih dilakukan di lapangan. Tentu akan ada bantuan, termasuk bantuan sosial. Kami akan terus update datanya," tutur Setiawan.***

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Humas Jabar, ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X