• Sabtu, 10 Desember 2022

Update Gempa Cianjur: 162 Korban Meninggal, 326 Luka-Luka, 13.784 Pengungsi, 2.345 Unit Rumah Rusak

- Selasa, 22 November 2022 | 17:21 WIB
Kondisi Pasca Gempa Kabupaten Cianjur (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Kondisi Pasca Gempa Kabupaten Cianjur (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KETIKNEWS.ID, Kab. Cianjur - Gempa bumi tektonik yang melanda Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022) siang, menimbulkan daya rusak luar biasa.

Selain banyak merenggut korban jiwa, gempa berkekuatan M 5,6 ini juga menimbulkan banyak korban luka-luka, pengungsi, kerusakan ribuan bangunan, terputusnya jàringan PDAM, listrik, juga jalan dan jembatan di sejumlah titik.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan agar dalam penanganan kebencanaan ini jangan sampai ada warga yang mengalami luka-luka terlantar karena tidak mendapat pelayanan di rumah sakit.

"Saya minta jangan sampai ada warga luka-luka yang terlantar di pinggir-pinggir jalan. Mereka supaya diupayakan bisa mendapat perawatan di rumah sakit. Ini perlu diatur," kata Ridwan Kamil sesuai memimpin rapat koordinasi lintas sektoral penanganan kebencanaan Cianjur di Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin malam.

Baca Juga: Indonesia Berduka, Gempa di Kabupaten Cianjur Mendapatkan Sorotan dari Sejumlah Negara

"Jika memang karena keterbatasan rumah-rumah sakit di Cianjur tak memungkinkan karena jumlah luka-luka terlalu banyak, saya sudah berkoordinasi dengan rumah sakit di Sukabumi, Bandung, dan Cimahi untuk bisa menangani," imbuhnya.

Dalam mengantisipasi hal ini rumah sakit darurat juga akan dibuka di lingkungan Pendopo Kabupaten Cianjur.

Dalam kesempatan tersebut pula disampaikan berdasarkan data sementara Call Center BPBD Kabupaten Cianjur per Senin, pukul 21.00 WIB, tercatat 162 korban meninggal dunia yang sebagian besar anak-anak.

"Kita sangat prihatin juga karena peristiwa terjadi saat anak-anak sedang mengikuti kegiatan di madrasah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBNU Kutuk Keras Insiden Bom Bunuh Diri Astanaanyar

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:53 WIB
X