• Sabtu, 10 Desember 2022

PUPR akan Bangun Rumah Tahan Gempa Risha bagi Korban Gempa Cianjur

- Rabu, 23 November 2022 | 17:34 WIB
Ilustrasi: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan membangun rumah baru tahan gempa dengan teknologi Risha bagi korban gempa Cianjur. (Foto : Hiero Bokilia)
Ilustrasi: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan membangun rumah baru tahan gempa dengan teknologi Risha bagi korban gempa Cianjur. (Foto : Hiero Bokilia)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan akan membangun rumah baru tahan gempa bagi korban gempa Cianjur.

Rumah baru tahan gempa tersebut diperuntukan bagi korban yang rumahnya mengalami kerusakan berat, runtuh, atau terpaksa direlokasi, akibat gempa di Cianjur.

"Kalau dibangun baru harus dengan standar tahan gempa dari Kementerian PUPR. Itu perintah presiden," ujar Menteri Basuki di Jakarta, Rabu (23/11).

Baca Juga: Mahfud MD Pastikan Pemulihan Cepat Rumah Warga Korban Gempa Cianjur

Sedangkan bagi korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan ringan dan sedang akan mendapatkan kompensasi Rp50 juta, yang merupakan stimulan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Jadi SOP-nya begitu, kalau rumahnya cuma retak-retak bisa diperbaiki sendiri itu diberikan stimulan yang merupakan tugasnya BNPB," ujarnya.

"Tapi kalo yang runtuh seperti rumah warga, perkantoran, masjid, kantor Kodim, jembatan, itu merupakan tugasnya Kementerian PUPR untuk memperbaiki," sambung Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Pemerintah Korea Selatan Beri Dana Bantuan 500 Ribu Dolar AS untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Ia sudah memerintahkan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR untuk melakukan verifikasi terhadap rumah-rumah korban gempa Cianjur.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBNU Kutuk Keras Insiden Bom Bunuh Diri Astanaanyar

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:53 WIB
X