• Senin, 5 Desember 2022

BMKG Ungkap Pemicu Kenapa Gempa di Kabupaten Cianjur Bisa Telan Banyak Korban

- Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
BMKG mengungkapkan alasan kenapa gempa di Kabupaten Cianjur bisa menelan banyak korban. (Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi BNPB/CoverBothSide.com)
BMKG mengungkapkan alasan kenapa gempa di Kabupaten Cianjur bisa menelan banyak korban. (Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi BNPB/CoverBothSide.com)

KETIKNEWS.ID,- Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengungkapkan salah satu alasan kenapa gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur bisa menelan banyak korban.

Dwikorita menganggap jika kualitas konstruksi pada bangunan menjadi faktor pemicu jatuhnya banyak korban saat terjadi gempa di Kabupaten Cianjur.

Selain itu, Dwikorita juga menuturkan jika kualitas bangunan tersebut dinilai buruk sehingga akan mudah rubuh saat gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang.

Baca Juga: Dinkes: Rumah Sakit di Kota Bandung Siap Layani Korban Gempa Cianjur

Ternyata, buruknya kontruksi bangunan memang kerap menjadi pemicu banyaknya korban jiwa saat terjadi gempa di Indonesia.

Berdasarkan hasil lapangan, Dwikorita menjelaskan jika bangunan-bangunan yang berada di atas pusat gempa itu akan mudah roboh akibat guncangan yang hebat.

"Banyak kerusakan selain memang tepat berada di atas episentrum, yang juga signifikan adalah kontrol terhadap kondisi konstruksi bangunan," katanya.

Baca Juga: Korban Luka Berat Gempa Bumi Cianjur Bisa Dirujuk ke Rumah Sakit Lain di Jawa Barat

Tidak hanya itu saja, Dwikorita juga menyampaikan lapisan tanah di kawasan tersebut juga menjadi salah satu faktor lainnya yang menyebabkan kerusakan hebat.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkes Sebut Ribuan Anak Indonesia Terinfeksi HIV

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:19 WIB
X