Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

- Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
Kemenkop UKM memecat dua aparatur sipil negara (ASN), ZPA dan WH yang menjadi pemerkosa pegawai. Sementara dua lainnya EW perununan jabatan dan MM (honorer) pemutusan kontrak kerja. (Dokumen Pribadi)
Kemenkop UKM memecat dua aparatur sipil negara (ASN), ZPA dan WH yang menjadi pemerkosa pegawai. Sementara dua lainnya EW perununan jabatan dan MM (honorer) pemutusan kontrak kerja. (Dokumen Pribadi)

KETIKNEWS.ID, -- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memastikan, dua aparatur sipil negara (ASN) pemerkosa seorang pegawai di Kemenkop UKM pada 2019 telah dipecat.

"Kami putuskan memberikan sanksi disiplin berupa pemecatan terhadap pelaku kekerasan seksual, ZPA dan WH," kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di Jakarta, Senin (28/11).

Selain memecat dua PNS Kemenkop UKM tersebut, Teten juga menjatuhkan sanksi bagi ASN lain yang terlibat dalam pemerkosaan tersebut.

Baca Juga: Guru Agama Cabuli 23 Siswi SMP, Kejari Batang Ancam Penjara Seumur Hidup

ASN berinisial EW berupa penurunan satu tingkat jabatan lebih rendah selama tahun. Sementara MM pelaku lain yang merupakan tenaga honorer dijatuhi sanksi pemutusan kontrak kerja.

Keputusan tersebut diambil Kemenkop UKM setelah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan hasil penelusuran tim independen pencari fakta kasus kekerasan seksual dan pemerkosaan.

Baca Juga: Tersangka Pemerkosaan 13 Santriwati, Herry Wirawan Resmi Divonis Hukuman Mati

Dalam konferensi pers tersebut, Teten Masduki menyebutkan empat alasan penyelesaian kasus itu hingga berlarut larut.

Pertama, adanya surat perintah penghentian penyidikan (SP3), kedua upaya perdamaian antara pelaku dengan korban, ketiga adanya pernikahan salah seorang pelaku dengan korban, dan terakhir relasi kekerabatan yang cukup erat di lingkungan Kemenkop UKM.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Teken Perpres Soal Gaji Otorita IKN

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:17 WIB

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB
X