Kecamatan Mandalajati Hadirkan Layanan Kesehatan Online HIV AIDS Gratis Lewat Program Galow

- Selasa, 29 November 2022 | 12:06 WIB
Kecamatan Mandalajati Hadirkan Layanan Kesehatan Online HIV AIDS Gratis Lewat Program Galow. (Humas Pemkot Bandung)
Kecamatan Mandalajati Hadirkan Layanan Kesehatan Online HIV AIDS Gratis Lewat Program Galow. (Humas Pemkot Bandung)

KETIKNEWS.ID, Bandung - Memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember mendatang, Kecamatan Mandalajati menggelar active case finding (ACF), Senin 28 November 2022.

Berkolaborasi dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung, ACF menyediakan stan cek HIV gratis bagi seluruh peserta yang datang.

Camat Mandalajati, Yana Rusmulyana menyampaikan, sosialisasi HIV/AIDS ini dilakukan karena kasus HIV yang makin bertambah di Kota Bandung.

"Entah di mana permasalahannya. Kalau penyuluhan dan sosialisasi sudah, tapi ternyata kasusnya masih terus naik juga," ungkap Yana.

Baca Juga: Tingkatkan Kesadaran dan Edukasi Soal HIV AIDS, Kota Bandung Gandeng Influencer

Melalui kegiatan ini, Yana berharap stigma negatif yang menempel pada para penyintas HIV/AIDS bisa berkurang. Sehingga masyarakat bisa berperan dalam membantu para penyintas tetap punya semangat hidup.

"Kita juga harus turut menyemangati para penyintas karena mereka juga sebenarnya tidak mau menginginkan hal tersebut terjadi," ujarnya.

Sebab jika seseorang sudah terkena penyakit ini, tak ada lagi kata sembuh. Apalagi HIV AIDS memiliki tahapan-tahapannya.

"Bahkan awalnya tidak bergejala. Baru terdeteksi itu setelah bertahun-tahun. Itu pun hilang timbul gejalanya. Setelah parah baru bisa sangat terlihat betapa bahayanya HIV/AIDS," ucapnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pejabat vs Legenda Bulu Tangkis di Porseni NU

Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:50 WIB
X