Bupati Herman Suherman Sediakan Modal dan Pelatihan Wirausaha bagi Penyintas Gempa Cianjur

- Selasa, 6 Desember 2022 | 16:04 WIB
Untuk memulihkan ekonomi korban gempa, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan akan memberikan modal dan pelatihan kewirausahaan. (Instagram/@h.hermansuherman)
Untuk memulihkan ekonomi korban gempa, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan akan memberikan modal dan pelatihan kewirausahaan. (Instagram/@h.hermansuherman)

KETIKNEWS.ID,-- Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan modal dan pelatihan kewirausahaan bagi warga korban gempa yang akan menghuni rumah relokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, agar perekonomiannya kembali pulih.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Selasa (6/12), mengatakan pihaknya masih membahas terkait jaminan usaha bagi korban yang direlokasi dari Cugenang ke Desa Sirnagalih, selain membangun lahan pembibitan tanaman.

"Mereka akan diarahkan menjadi pelaku UMKM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan bertani dapat menjadi mata pencaharian sampingan. Kita akan upayakan ada lahan pertanian yang nantinya dapat digarap warga relokasi," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Intruksikan Para Menteri Antisipasi Cuaca Ekstrem

Untuk pelatihan kewirausahaan, ungkap Herman, pihaknya meminta dinas terkait untuk memberikan berbagai materi pelatihan usaha rumahan mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi dan siap bersaing.

"Pelatihan dasar hingga mampu dapat diberikan agar mereka yang meninggalkan pekerjaan bertani tetap memiliki penghasilan. Beragam bidang usaha yang akan diberikan pemateri lintas dinas seperti dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Pariwisata," katanya.

Sementara, warga yang tinggal di pusat gempa di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, merasa senang ketika harus mengisi rumah relokasi, namun cukup berat  karena sehari-hari mereka bekerja sebagai petani yang menggarap kebun sayur mayur untuk menghidupi keluarga.

Teguh Supriyadi (42), warga korban gempa yang rumahnya ambruk karena terletak di pusat gempa yang akan mengisi rumah relokasi di Kecamatan Cilaku. Meski senang mendapat rumah baru dan tahan gempa, namun dia mengaku masih berat meninggalkan kampung halamannya.

Baca Juga: Kemensos Buka Layanan Pembuatan KTP dan Surat Ahli Waris untuk Penyintas Gempa Cianjur

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X