Menpora Ungkap Alasan Liga 1 Dimulai Kembali

- Selasa, 6 Desember 2022 | 17:22 WIB
Liga 1 harus dimulai kembali karena tim nasional Indonesia memerlukan sejumlah persiapan menjelang Piala AFF dan tuan rumah Piala Dunia U20. (Kemenpora.go.id)
Liga 1 harus dimulai kembali karena tim nasional Indonesia memerlukan sejumlah persiapan menjelang Piala AFF dan tuan rumah Piala Dunia U20. (Kemenpora.go.id)

KETIKNEWS.ID,— Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengungkapkan alasan dimulainya kembali kompetisi sepak bola Liga 1 Indonesia usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/12).

Zainudin Amali mengatakan, salah satu alasannya karena tim nasional Indonesia memerlukan sejumlah persiapan menjelang Piala AFF dan tuan rumah Piala Dunia U20.

“Kemarin pemerintah sudah mengumumkan Liga 1 dilanjutkan kembali. Di samping itu ada kebutuhan timnas kita, yang membutuhkan ada kompetisi, karena ada kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kesiapan timnas,” ujarnya.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia 2022-2023 Digelar Kembali, Mahfud MD: Namun Tanpa Penonton

Amali mengatakan kesiapan timnas diperlukan menyangkut akan adanya kejuaraan Piala AFF, kemudian Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, serta sejumlah kegiatan lain ke depan.

Dia juga menekankan, kesiapan timnas menyangkut dua hal yakni latihan dan kompetisi.

“Kesiapan yang pertama adalah latihan. Itu sudah dilakukan di bawah pelatih kita, dan bahkan sudah tryout ke luar negeri. Kalau untuk untuk U2-0 sudah ke Turki dan Spanyol. Setelah itu (kesiapan) yang kedua itu harus ada kompetisi, supaya mereka terasah terus kemampuannya,” jelas Amali.

Dia menekankan, dengan adanya peraturan kepolisian saat ini, maka penyelenggaraan kompetisi Liga 1 akan sangat ketat terutama dalam hal penonton.

“Sebelum izin dikeluarkan pihak kepolisian, Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan meninjau tempat-tempat pelaksanaan pertandingan itu. Tapi sekarang masih tanpa penonton. Dan mudah-mudahan ini akan semakin baik tata kelola dan ekosistem dalam persepakbolaan nasional sehingga ini juga akan membuat pembinaan-pembinaan ke depannya akan menjadi baik. Itu saja,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Alasan Liga 2 Dihentikan oleh PSSI

Selasa, 17 Januari 2023 | 15:37 WIB
X