Profil JAD, Kelompok Teroris di Indonesia yang Berafiliasi dengan ISIS

- Rabu, 7 Desember 2022 | 19:04 WIB
Jamaah Ansharut Daulah (JAD) adalah kelompok teroris yang dibentuk oleh Aman Abdurrahman, Marwan (Abu Musa), dan Zainal Anshori (Abu Fahry).
Jamaah Ansharut Daulah (JAD) adalah kelompok teroris yang dibentuk oleh Aman Abdurrahman, Marwan (Abu Musa), dan Zainal Anshori (Abu Fahry).

KETIKNEWS.ID,— Kepala Kepolisian Republik Indoensia (Kapolri), Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Rabu (7/10) teridentifikasi bernama Agus Sujarno.

Agus Sujarno atau yang lebih dikenal dengan nama Agus Muslim merupakan seseorang yang terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Sebelumnya, Agus Muslim pernah ditangkap dan dipenjara karena terlibat dengan peristiwa bom yang terjadi di Cicendo, Kota Bandung pada tahun 2017. Ia bebas dari penjara pada tahun 2021.

Baca Juga: Kapolri: Agus Muslim Afiliasi JAD Pelaku Bom Bunuh Diri Astanaanyar

Profil JAD

Jamaah Ansharut Daulah (JAD) adalah kelompok teroris yang dibentuk oleh Aman Abdurrahman, Marwan (Abu Musa), dan Zainal Anshori (Abu Fahry) pada 2014 di Lapas Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan awal tiga serangkai tersebut, Aman menyampaikan, akan memfasilitasi orang Indonesia untuk berjihad mendukung gerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah.

Aman meminta keduanya untuk mengurus pemberangkatan orang-orang Indonesia yang telah berbaiat kepada ISIS. Marwan pun menjadi orang nomor dua di JAD setelah Aman.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Polri Ringkus Tersangka Teroris Jaringan JAD di Riau

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X