Bisa Dipidana, Yana Mulyana Imbau Warga Jangan Sebarkan Gambar dan Berita Hoaks Terkait Bom Bunuh Diri

- Kamis, 8 Desember 2022 | 13:39 WIB
Jangan Sebarkan Gambar dan Berita Hoaks Terkait Bom Bunuh Diri (bandung.go.id)
Jangan Sebarkan Gambar dan Berita Hoaks Terkait Bom Bunuh Diri (bandung.go.id)

KETIKNEWS.ID,-- Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak menyebarkan gambar serta berita hoaks yang berseliweran terkait kejadian bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astanaanyar pada Rabu, 7 Desember 2022.

"Masyarakat tidak usah resah dan takut karena keresahan itu yang diharapkan pelaku. Kita sama-sama jaga Kota Bandung untuk tetap kondusif," kata Yana.

Yana yang turut meninjau lokasi peledakan sangat menyesali peristiwa ini.

Baca Juga: Pasca Ledakan Besar Bom Bunuh Diri, Ruas Jalan Depan Polsek Astanaanyar Kembali Dibuka

"Saya sangat mengutuk keras kejadian ini. Kejadian ini tentu tidak dibenarkan oleh hukum atau agama apapun alasannya," ungkap Yana.

Bagi mereka yang melanggar dapat dijerat dengan UU ITE dan berpotensi mendapat hukuman berupa denda hingga kurungan penjara sebagaimana tercantum dalam pasal 27 ayat (1) UU ITE yang berbunyi:

Baca Juga: Kapolri: Agus Muslim Afiliasi JAD Pelaku Bom Bunuh Diri Astanaanyar

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Setiap orang yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)".

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Humas Kota Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pejabat vs Legenda Bulu Tangkis di Porseni NU

Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:50 WIB

Terpopuler

X