Hakordia 2022 dan Kenangan 5 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia

- Jumat, 9 Desember 2022 | 17:47 WIB
Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 dan kasus korupsi Surya Darmadi, PT TPPI, PT ASABRI, PT Jiwasraya, Century, dan lain-lain. (KLIKTIMES.COM/HAYU YUDHA)
Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 dan kasus korupsi Surya Darmadi, PT TPPI, PT ASABRI, PT Jiwasraya, Century, dan lain-lain. (KLIKTIMES.COM/HAYU YUDHA)

KETIKNEWS.ID,— Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) adalah bentuk komitmen dunia melawan korupsi yang diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Hakordia ditetapkan pada 2003 oleh PBB untuk menyatukan pandangan negara-negara bahwa korupsi adalah musuh bersama karena dampak buruk yang ditimbulkannya.

Melalui Hakordia, negara-negara ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan luar biasa.

Baca Juga: KPK Terima Laporan Dugaan Korupsi Pada Sistem Tap In Tap Out TransJakarta

Namun, di Indonesia sendiri, Hakordia masih menjadi sebuah ironi. Hingga 77 tahun usia kemerdekaan, korupsi masih menjadi penyakit bangsa ini.

Beragam kasus korupsi telah menghiasi sejarah perjalanan Indonesia, angkanya pun tidak main-main karena tidak sedikit kasus korupsi yang nominalnya mencapai triliunan rupiah.

Ketik News telah merangkim daftar lima kasus korupsi dengan nilai terbesar di Indonesia:

1. Penyerobotan Lahan oleh Surya Darmadi

Kasus dugaan korupsi terkait penyerobotan lahan seluas 37.095 hektar hingga kini tercatat sebagai kasus korupsi dengan nilai terbesar, yakni kerugian negara mencapai Rp 78 triliun.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X