Ini Hal yang Memberatkan Ferdy Sambo Sehingga di Vonis Penjara Seumur Hidup

- Rabu, 18 Januari 2023 | 16:05 WIB
Ferdy Sambo di vonis penjara seumur hidup karena telah melakukan pembunuhan berencana. (Edit Foto Ferdy Sambo/ Ketiknews.id)
Ferdy Sambo di vonis penjara seumur hidup karena telah melakukan pembunuhan berencana. (Edit Foto Ferdy Sambo/ Ketiknews.id)

KETIKNEWS.ID,-- Ferdy Sambo kini resmi di vonis penjara seumur hidup atas perbuatannya melakukan pembunuhan berencana Brigadir J sebagaimana yang diatur dan diancam dalam dakwaan pasal 340 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP, ujar jaksa penuntut umum dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).

Perlu diketahui, Pasal 340 berbunyi, “Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.

Selain itu, Ferdy Sambo juga juga dinilai terbukti melakukan perintangan penyidikan atau obstruction of justice terkait pengusutan kasus kematian Brigadir J.

Pada saat sidang tuntutan pada hari Selasa (17/1/2023) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jaksa penuntut umum mengungkapkan hal-hal memberatkan perbuatan terdakwa mengakibatkan hilangnya nyawa korban dan luka  yang mendalam bagi keluarganya.

Adapun hal lain yang memberatkan Ferdy Sambo antara lain :

- Terdakwa berbelit-belit tidak mengakui perbuatannya dalam memberikan keterangan di persidangan.

- Akibat perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan dan kegaduhan yang meluas di masyarakat.

- Perbuatan terdakwa tidak sepantasnya dilakukan dalam kedudukannya sebagai aparatur penegak hukum dan petinggi Polri.

- Perbuatan terdakwa telah mencoreng institusi Polri di mata masyarakat Indonesia dan dunia internasional.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Terkini

Awal Mula Fajar Sad Boy Mendadak Viral

Selasa, 27 Desember 2022 | 21:37 WIB
X