Jalangkote Ikon Jajanan Makassar, Begini Resepnya!

- Jumat, 24 September 2021 | 11:00 WIB
Ilustrasi - Jalangkote khas Makassar. (Source : Doc. Ig@jalkots.id)
Ilustrasi - Jalangkote khas Makassar. (Source : Doc. Ig@jalkots.id)

KETIKNEWS.ID,-- KULINER merupakan salah satu daya tarik yang menjadikan Indonesia terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Meskipun mayoritas wisatawan mancanegara melirik destinasi wisata yang dimiliki Nusantara, namun tidak bisa dipungkiri kulinernya pun memiliki peran yang tak kalah penting.

Rasanya tidak lengkap jika berdestinasi tanpa mencoba kuliner khas yang dimiliki daerahnya. Seperti di Makassar terdapat jajanan yang cukup populer dan bahkan Pemerintah kota Makassar menetapkan 10 ikon kuliner tradisional khas Makassar, salah satunya adalah Jalangkote.

Catatan sejarah yang dihimpun Dinas Pariwisata Makassar melalui Bidang Destinasi, beberapa waktu lalu, menyebutkan, Jalangkote' ini merupakan salah satu jenis jajanan khas Makassar.

Secara harfiah Jalangkote berasal dari kata 'jalang' yang berarti jalan dan ‘kote’ yang berarti berkotek-kotek atau teriak.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat dikatakan bahwa Jalangkote dulunya dijajakan oleh anak kecil yang berjualan keliling dari rumah ke rumah sambil berjalan kaki. Kejadian tersebut yang menjadikan jajanan satu ini diberi nama jalangkote.

Jika diperhatikan sekilas, jalangkote ini serupa dengan pastel. Namun, faktanya jalangkote dan pastel memiliki perbedaan pada kulitnya. Umumnya kuli pastel lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote.

Awalnya isian jalangkote berupa daging cincang yang ditumis bersama potongan ubi jalar putih yang dipotong kecil berbentuk dadu dan toge.

Apa yang membuat jalangkote ini istimewa adalah sambalnya yang terbuat dari air cuka, air sisa tumisan isian Jalangkote, bawang putih, gula, cabe besar untuk memberikan warna, dan cabai kecil untuk menambah sensasi rasa pedas.

Jika Sahabat belum sempat untuk berdestinasi ke Makassar tak usah gelisah, karena kini jalangkote sudah mulai dijajakan hampir ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan Sahabat bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut bahan yang harus dipersiapkan:

Halaman:

Editor: Mohammad Aziz Pratomo

Tags

Terkini

Daftar 50 Jajanan Street Foods Terenak di Asia 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 16:09 WIB

5 Oleh-oleh Cake Kekinian Khas Bandung

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:56 WIB

Terpopuler

X