• Jumat, 12 Agustus 2022

Pengunjung Borobudur pada Masa Libur Akhir Tahun 2021 Meningkat

- Senin, 3 Januari 2022 | 13:29 WIB
Taman Wisata Candi Borobudur
Taman Wisata Candi Borobudur

KETIKNEWS.ID.--General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono-Hendro-Malyanto">Aryono Hendro Malyanto mengatakan, pengunjung di Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada liburan akhir tahun 2021 meningkat dibanding pada 2020. Hal ini seiring dengan level PPKM Kabupaten Magelang yang saat ini berada pada level 2.

"Masa ramai pengunjung akhir tahun periode 22-31 Desember 2021 di Candi Borobudur mencapai 48.017 orang, sedangkan periode yang sama 2020 sebanyak 31.507 orang," kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono-Hendro-Malyanto">Aryono Hendro Malyanto seperti ketiknews langsir dari laman bumn.go.id.

Baca Juga: Pemerintah Larang Sementara Ekspor Batubara, Untuk Hindari pemadaman 10 Juta Pelanggan PLN

Aryono menyampaikan hal tersebut usai mendampingi pengunjung pertama Candi Borobudur pada 2022 menanam pohon pranajiwa di zona 2 kawasan Candi Borobudur. Menurut dia, kunjungan wisatawan terkait libur Natal dan tahun baru tersebut naik, kemungkinan karena level PPKM di Kabupaten Magelang telah menjadi level 2.

"Hal ini memberi peluang kunjungan naik dan akses untuk anak-anak sudah bisa masuk, sedangkan saat liburan akhir tahun 2020 diberlakukan PPKM darurat sehingga menekan kunjungan wisatawan. Untuk tahun ini agak longgar karena Kabupaten Magelang sudah level II," kata Aryono.

Baca Juga: Menganal Apa itu Penthouse

Aryono berharap pertumbuhan sektor pariwisata pada 2022 semakin membaik, tetapi pihaknya tidak menargetkan angka kunjungan. "Kami belum memungkinkan untuk menetapkan target, kami tetap mengikuti aturan-aturan main yang ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Lebih lanjut Aryono menyampaikan semoga PPKM Kabupaten Magelang terus membaik menjadi level 1 sehingga otomatis akan berdampak pada membaiknya sektor pariwisata. Penyelenggaraannya lebih longgar, meskipun protokol kesehatan tetap diperketat.

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mencoba Minuman Legen Khas Tuban

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:07 WIB

5 Alasan Kenapa di Kamar Hotel Tidak Ada Jam

Senin, 25 Juli 2022 | 16:23 WIB
X