• Kamis, 1 Desember 2022

Tarif Baru Borobudur, Sandiaga Uno Imbau Tak Perlu Ada Perpecahan

- Selasa, 7 Juni 2022 | 15:03 WIB
Terkait wacana tarif baru Borobudur, Sandiaga Uno meminta masyarakat untuk tenang dan tak perlu ada perdebatan agar timbul perpecahan. (Kemenparekraf)
Terkait wacana tarif baru Borobudur, Sandiaga Uno meminta masyarakat untuk tenang dan tak perlu ada perdebatan agar timbul perpecahan. (Kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Menanggapi wacana tarif baru Borobudur, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menghimbau masyarakat tetap tenang agar tidak menimbulkan perpecahan.

"Harga tiket masuk kawasan candi tetap Rp50 ribu bagi wisnus dan 25 dolar AS untuk wisatawan mancanegara dan untuk pelajar (grup Study Tour sekolah/bukan individual) adalah Rp5.000,” kata Sandi.

Imbauan itu Sandi sampaikan saat virtual weekly press briefing di Kantor Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Tarif Borobudur Rp 750.000, Berikut Penjelasan Luhut Binsar Panjaitan

Sandi menjelaskan, rencana penerapan tarif untuk Zona 1 Borobudur sebesar Rp750 ribu itu, semata-mata untuk kepentingan konservasi.

"Jumlah maksimal 1.200 orang per hari yang boleh naik bangunan Candi Borobudur. Bahkan nanti para pengunjung yang naik candi menggunakan sandal khusus yaitu sandal upanat,” ujarnya.

Sandi juga menjelaskan, apa yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, merupakan gerak lintas kementerian/lembaga.

Hal itu dilakukan berdasarkan rekomendasi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan banyak pakar atau ahli.

Candi Borobudur ini, lanjut Sandi, lebih dari sekadar destinasi wisata. Borobudur adalah peradaban peninggalan sejarah, dan kelestarian budaya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Optimis Ijen Bisa Jadi UNESCO Global Geopark

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Topeng-Topeng 2022, Sandiaga: Pagelaran Warisan Budaya

Sabtu, 19 November 2022 | 22:25 WIB

Buluh Duri, Desa Wisata Terfavorit ADWI 2022

Senin, 31 Oktober 2022 | 21:03 WIB
X