• Rabu, 5 Oktober 2022

Lima Geosite di Geopark Meratus Jadi Prioritas Pariwisata Kalimantan Selatan

- Selasa, 7 Juni 2022 | 18:24 WIB
Pulau Bekantan, Tahura Sultan Adam, Geopark Meratus, Kalimantan Selatan. (Facebook Tahura Sultan Adam)
Pulau Bekantan, Tahura Sultan Adam, Geopark Meratus, Kalimantan Selatan. (Facebook Tahura Sultan Adam)


KETIKNEWS.ID,-- Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, mengatakan dari 74 geosite Geopark Meratus, ada lima yang saat ini menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan.

"Kelima geosite tersebut sudah dilakukan pengembangan untuk pariwisata," ujarnya, di Banjarmasin, Senin (6/6), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Geopark Maros Pangkep akan Mulai Pra Asesmen UNESCO

Lima geosite Geopark Meratus tersebut adalah Tahura Sultan Adam di Kabupaten Banjar, Pendulangan Intan di Banjarbaru, Tanjung Dewa di Kabupaten Tanah Laut, Batu Besar di Kabupaten Tanah Bumbu dan Pantai Sekoyang di Kabupaten Kotabaru.

"Apabila lima geosite ini sudah mendapatkan pengakuan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG), yang lain akan dibangun secara bertahap," ujarnya.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan di lima geosite tersebut, kata dia, pihaknya sudah memulai pelatihan terkait kepariwisataan untuk masyarakat di sekitar ekosistem Geopark Meratus.

Di lima geosite tersebut, kata dia, sangat layak untuk mendapatkan pengakuan menjadi UGG, karena memiliki warisan bumi yang unik dan tidak ada di daerah lain.

Baca Juga: PT TWC Akan Lakukan Pembatasan Kouta Wisatawan yang Naik ke Candi Borobudur

"Menurut Bappenas, geosite itu sangat layak mendapatkan pengakuan. Karena sejarah geologi nya, misalnya keunikannya dan umur batunya lebih tua dari pada yang lain," ungkapnya.

Menilai semua potensi yang dimiliki, kata dia, hingga saat ini Geopark Meratus menjadi salah satu prioritas pengembangan wisata di Kalsel.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar 50 Jajanan Street Foods Terenak di Asia 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 16:09 WIB

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB
X